Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Perbandingan ICE dengan Gedung Konvensi Raksasa di Luar Negeri

Sinar Mas Land (SML) memastikan gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Kota Tangerang Selatan, Banten sebagai yang terbesar di Tanah Air, bahkan Asia Tenggara.nn
ICE BSD City. /ice
ICE BSD City. /ice

Bisnis.com, TANGERANG—Sinar Mas Land (SML) memastikan gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Kota Tangerang Selatan, Banten sebagai yang terbesar di Tanah Air, bahkan Asia Tenggara.

CEO Strategic Development & Services SML Ishak Chandra mengatakan klaim sebagai yang terbesar tidak hanya dilihat dari jumlah gedung atau ruang pertemuan tetapi juga kuantitas hall.

“Gedung ini salah satu yang terbaik. Kami yang terbaik di Asia Tenggara,” ucapnya di Kota Tangerang Selatan, Selasa (28/7/2015).

Sebagai perbandingan, luas gedung ICE mencapai 117.257 meter persegi dilengkapi 10 hall dan 24 ruang pertemuan. Gedung pertemuan lokal lain seperti JIExpo jauh lebih kecil, luasnya 74.171 meter persegi dengan tujuh hall tanpa ruang pertemuan.

Apalagi dibandingkan dengan Jakarta Convention Center (JCC), ICE tampak lebih raksasa. Luas JCC hanya 35.000 meter persegi dengan 13 hall plus 10 unit ruang pertemuan. Gedung ini bahkan tidak sampai separuhnya ICE.

Beberapa gedung pertemuan di negera lain dicontohkan Ishak, yakni Singapura Expo luasnya cuma 92.000 meter persegi dengan 9 hall dan 32 ruang pertemuan. Di Hong Kong pun tak lebih besar ketimbang ICE, luasnya hanya 72.991 meter persegi dilengkapi 22 meter persegi dan 44 ruang pertemuan.

Ishak menjelaskan total area yang ditempati ICE 220.000 meter persegi. Tapi yang tergarap sekarang baru separuhnya sekitar 110.000 meter persegi. Pengembangan selanjutnya kemungkinan baru dilakukan tiga hingga empat tahun mendatang.

“Total investasi untuk membangun ICE mencapai Rp4 triliun,” ucapnya.

Saat ini ICE dapat menampung 3.700 kendaraan roda empat dan 1.600 sepeda motor. Adapun ruang pameran indoor luasnya 50.000 meter persegi ditambah 50.000 meter persegi lainnya outdoor. Belum lagi ada 4.000 meter persegi ruang konvensi dan 12.000 meter persegi area selasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper