Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wantimpres: Alutsista Bisa Mandiri, Itu Luar Biasa

Pengembangan industri strategis dalam negeri dipandang penting karena di samping menyangkut kebanggaan, sektor industri ini pun memiliki potensi yang besar terhadap perekonomian.
Alutsista TNI/Ilustrasi
Alutsista TNI/Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG - Pengembangan industri strategis dalam negeri dipandang penting karena di samping menyangkut kebanggaan, sektor industri ini pun memiliki potensi yang besar terhadap perekonomian.

“Kalau kita bisa mandiri dalam memenuhi alat pertahanan keamanan kita, paling tidak yang bisa kita produksi, itu akan luar biasa. Akan menciptakan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan penerimaan pajak,” ujar Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Sri Adiningsih, Selasa (19/5/2015).

Dia meyakini industri strategis yang ada saat ini di Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai aset nasional, sehingga sektor industri ini akan menjadi prioritas pemerintah, salah satunya dalam mengembangkan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

“Saya harapkan nanti Presiden mengambil keputusan yang bisa mengembangkan industri alutsista termasuk Pindad, agar kita tidak tergantung ke luar negeri dan bisa menjadi sumber devisa karena tidak banyak negara yang bisa memproduksi produk yang dihasilkan Pindad,” paparnya.

Ditanya tanggapannya soal usulan BUMN holding, Sri memandang perlu koordinasi dan sinergitas yang baik antarpelaku-industri dan antarperusahaan guna mengembangkan industri strategis dalam negeri.

“Nampaknya saling tergantung, saling terkait. Perlu koordinasi paling tidak antar-BUMN. Yang jelas sekarang ini BUMN menggarap holding untuk perusahaan yang bisnisnya sama agar membuat lebih berkoordinasi dengan baik.,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdalah Gifar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper