Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SCI: Pelayaran Rakyat Dukung Program Tol Laut

Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi berpendapat implementasi tol laut akan meningkatkan volume pergerakan barang antar wilayah. Menurutnya, pelayaran rakyat sangat penting peranannya terutama untuk pengangkutan logistik ke wilayah yang memiliki alur dengan kedalaman terbatas seperti sungai dan danau.
Bisnis.com, Jakarta-- Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi berpendapat implementasi tol laut akan meningkatkan volume pergerakan barang antar wilayah. Menurutnya, pelayaran rakyat sangat penting peranannya terutama untuk pengangkutan logistik ke wilayah yang memiliki alur dengan kedalaman terbatas seperti sungai dan danau.
Kajian Supply Chain Indonesia menunjukkan tujuh pelabuhan utama yang dilewati jalur tol laut terhubung dengan 67 buah pelabuhan Short Sea Shipping (SSS), yang terdiri dari pelabuhan utama, pelabuhan pengumpul, dan pelabuhan pengumpan.
Pelayaran rakyat diperlukan untuk pengangkutan barang ke wilayah yang memiliki alur dengan kedalaman terbatas, termasuk sungai dan danau, katanya.
Pelayaran rakyat, menurutnya, masih sulit berkembang karena kurangnya stimulus seperti dukungan finansial dari pemerintah dan perbankan. Sementara, perkembagan teknologi dari tradisional ke modern dibutuhkan menyangkut aspek keselamatan dan kecepatan.
Ketua Umum Pelayaran Rakyat Sudirman Abdullah menuturkan jumlah armada angkutan laut pelayaran rakyat telah menurun. Dia berharap pemerintah memberikan perhatian khusus kepada Pelra dalam bentuk permodalan.
"Semenjak tahun 2000, pembangunan turun karena kayu susah. Dulu belum ada perhatian, pemerintah perhatiannya kurang sekali sama Pelra, ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper