Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Groundbreaking Jembatan Hamadi-Holtekam Di Papua

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan jembatan layang Hamadi-Holtekam senilai Rp1,5 triliun, di Jayapura, Sabtu, 9 Mei 2015.
Emanuel B. Caesario
Emanuel B. Caesario - Bisnis.com 11 Mei 2015  |  18:38 WIB
Presiden Joko Widodo berkunjung ke Merauke Papua - Antara
Presiden Joko Widodo berkunjung ke Merauke Papua - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan jembatan layang Hamadi-Holtekam senilai Rp1,5 triliun, di Jayapura, Sabtu, 9 Mei 2015.

"Dana tersebut berasal dari pemerintah pusat Rp900 miliar,  pemerintah provinsi dan Kota Jayapura Rp600 miliar," ujar Presiden dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (11/5/2015).

Menurut Menteri Basuki, jembatan layang ini diperkirakan selesai pada 2018.

Jembatan layang yang menghubungkan Kawasan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan dengan Kampung Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura tersebut sudah diperkuat dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Provinsi Papua dengan Kementerian Pekerjaan Umum beberapa waktu lalu.

Berdasarkan kesepakatan, bangunan ini meliputi jalan akses sepanjang 1.322 meter dan jembatan utama dengan panjang bentang 400 meter. Ditambah lagi dengan jembatan pendekat sepanjang 342,2 meter.

Untuk tahun ini, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR telah  menganggarkan dana  infrastruktur untuk Provinsi Papua sebesar  Rp6 triliun pada tahun ini.

Rinciannya, untuk pembangunan jalan dan jembatan sebesar Rp 4,7 triliun,  pembangunan irigasi Rp600 miliar,  sanitasi pemukiman dan air minum Rp400 miliar serta pembanguan perumahan Rp300 miliar.

“Untuk perumahan lebih diprioritas khusus untuk anggota TNI dan Polri,” tutur Basuki.

Disamping itu pemerintah juga mengucurkan dana pembangunan fasilitas PON Rp10 triliun dan pembangunan pasar. Termasuk juga menargetkan pembangunan jalan trans Papua sepanjang 3.985 kilometer yang ditargetkan akan selesai 2019.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua
Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top