Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo IV Siap Rambah Bisnis Properti

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berencana menyulap tiga lokasi pelabuhan yang sudah terpakai menjadi kompleks hotel dan perkantoran. Pelindo telah menyiapkan tiga lokasi untuk bisnis properti tersebut yakni di Samarinda, Manado, dan Kendari.

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berencana menyulap tiga lokasi pelabuhan yang sudah terpakai menjadi kompleks hotel dan perkantoran. Pelindo telah menyiapkan tiga lokasi untuk bisnis properti tersebut yakni di Samarinda, Manado, dan Kendari.

Direktur Utama Pelindo IV Mulyono mengatakan ketiga lokasi untuk bisnis properti tersebut merupakan bekas pelabuhan milik perseroan yang sudah tidak terpakai. Perseroan telah menyiapkan desain pembangunan dan sedang mencari partner dan mengurus perizinan di setiap kota. 

"Jadi lokasinya di pelabuhan yang sudah ditinggalkan. Ini sedang kami urus, di Samarinda, Kalimantan Timur, itu konsepnya berupa Samarinda Marine Business Center (SMBC) sudah ada desainnya kami sedang cari partner untuk menggarap," ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (22/4/2015).

Dia melanjutkan, untuk di Kota Manado, Sulawesi Utara, perseroan akan mengembangkan lokasi bekas pelabuhan menjadi perhotelan dan kawasan perkantoran bernama Manado Marina Bay. Hingga sejauh ini, perseroan sedang mengurus perizinan dari pemerintah kota sebagai salah satu syarat pengembangan kawasan tersebut. 

Adapun, untuk pelayanan pelabuhan di Manado telah berpindah ke Pelabuhan Bitung yang berjarak 40 km dari Kota Manado. Pelabuhan Bitung dalam rencana akan terus dikembangkan menjadi pelabuhan peti kemas berstandar internasional dengan menggunakan dana internal perusahaan. 

"Saat ini Bitung tumbuh baik sudah ada kapal Maersk Line dua kali seminggu ke Malaysia dari sana," paparnya. 

Mulyono melanjutkan, pengembangan properti ketiga berlokasi di Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara. Saat ini pelabuhan di Teluk Kendari sudah tidak terpakai dan dipindahkan ke lokasi baru di daerah Pulau Bungkutoko. 

"Kami akan bangun Kendari New Port, desainnya sudah ada," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper