Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Mulai Bisnis? Ini Daftar Bantuan Modal dari Pemerintah

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga akan mengucurkan berbagai bantuan dana demi membantu pengembangan bisnis para pelaku UKM, khususnya wirausahawan muda.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga akan mengucurkan berbagai bantuan dana demi membantu pengembangan bisnis para pelaku UKM, khususnya wirausahawan muda.

"Kami menyiapkan suntikan modal usaha bagi wirausaha pemula yang berbentuk bantuan sosial yang besarannya maksimal Rp25 juta. Selain itu, wirausaha pemula juga bisa mendapatkan dana bergulir LPDB-KUKM," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (12/3).

Jenis permodalan lain yang bisa didapatkan pelaku usaha yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dia mengatakan KUR ditujukan bagi UMKM di bidang usaha yang produktif dan layak, tetapi belum memiliki akses perbankan (bankable). Plafon KUR diproyeksikan mencapai Rp500 juta.

"Kami juga melakukan program kemitraan dan bina lingkungan. Program ini dilaksanakan melalui corporate social responsibility [CSR] yang dananya berasal dari BUMN, BUMS, dan perusahaan swasta."

Puspayoga berharap kebijakan permodalan UKM tersebut mampu mendorong generasi muda untuk mengubah paradigma lebih tertarik dalam menciptakan dan memberikan pekerjaan (job creators), bukan sebagai menjadi pencari kerja (job seekers).

"Pemberian stimulus bagi pelaku usaha dimaksudkan untuk menumbuhkan beragam lapangan usaha, lahirnya wirausaha-wirausaha baru yang mampu membuka lapangan kerja dan mencatatkan prestasi secara global," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper