Pemerintah Gelontorkan Rp7,1 triliun untuk Bangun Kapal Perintis

Kementerian Perhubungan menganggarkan dana sebesar Rp7,1 triliun untuk pembangunan 65 unit kapal berbagai jenis kapal pada tahun ini.
Muhamad Hilman | 02 Maret 2015 19:19 WIB
/Bisnis/Alby Albahi

Bisnis.com,JAKARTA--Kementerian Perhubungan menganggarkan dana sebesar Rp7,1 triliun untuk pembangunan 65 unit kapal berbagai jenis kapal pada tahun ini.

Dirjen Perhubungan Laut Bobby R. Mamahit mengatakan pengadaan kapal itu seiring dengan digelontorkannya dana APBN yang didapatkan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemehub.

Kemenhub merencanakan pembangunan kapal itu terdiri dari 25 kapal barang perintis dan penumpang Rp3,7 triliun, 25 kapal patroli Rp2,3 triliun dan pembangunan kapal navigasi 10 unit Rp1,1 trilun. "Lelang swasta, seperti yang perintis penumpang selalu dilelang semua," ujarnya, Senin, (2/3/2015).

Menurutnya, pembangunan kapal perintis itu untuk memenuhi kebutuhan kapal 86 trayek keperintisan, kendati idealnya 97 trayek keperintisan. Pengadaan kapal itu diharapkan akan mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk satu voyage kapal perintis dari saat ini yang rata-rata mencapai 21 hari.

"Dengan tambahan 10 ini minimal menambah 97 trayek tadi."

Tag : kapal perintis
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top