Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Tekstil Minta Kucuran Dana Pelatihan dari Pemerintah

Pengusaha tekstil meminta pemerintah untuk mengalokasikan angggaran pelatihan untuk memenuhi permintaan tenaga kerja sektor tersebut di Tanah Air.
Pekerja di sebuah pabrik garmen. /
Pekerja di sebuah pabrik garmen. /

Bisnis.com, JAKARTA – Pengusaha tekstil meminta pemerintah untuk mengalokasikan angggaran pelatihan untuk memenuhi permintaan tenaga kerja sektor tersebut di Tanah Air. 

Pasalnya ketersediaan tenaga kerja sektor tekstil di Indonesia sejauh ini masih belum bisa mencukupi permintaan industri. 

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, setiap tahunnya permintaan tenaga kerja tekstil mencapai 500 orang. Sementara pemerintah dan lembaga pelatihan hanya mampu menyediakan 300 tenaga kerja setiap tahun. 

“Pemerintah harus melakukan alokasi dana untuk pelatihan oleh masyarakat. Intinya pemerintah harus memberikan insentif bagi pengusaha yang mengelola lembaga pelatihan,” kata Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat, Rabu (21/1/2015). 

Selama ini, sambung Ade, keberadaan pemerintah dalam pembinaan tenaga kerja tekstil sangat minim. Pengusaha bahkan sering mengeluarkan biaya tambahan untuk kebutuhan pembinaan dan pelatihan pekerja secara mandiri untuk mencukupi kebutuhan industri. 

Artinya, dengan dilakukannya pelatihan secara mandiri akan mengurangi produktivitas perusahaan dan menambah beban pengusaha dalam mengeluarkan biaya produksi. Hal inilah yang menurut Ade perlu mendapat perhatian pemerintah. 

“Kami minta Kementerian Ketenagakerjaan untuk mencari tenaga kerja yang berusia antara 16-18 tahun, dan diperbolehkan mengikuti magang supaya pelatihan yang kami lakukan lebih ringan.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper