Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AIRASIA QZ8501 DITEMUKAN: Setelah Seluruh Penumpang Ditemukan, Baru Cari Kotak Hitam

Tim gabungan SAR berharap pada hari ke-8 pencarian esok hari (4/1/2015), cuaca diharapkan bersahabat sehingga mendukung kelancaran operasi pencarian dan evakuasi penumpang maupun pesawat AirAsia QZ8501.
Redaksi
Redaksi - Bisnis.com 03 Januari 2015  |  23:45 WIB
AIRASIA QZ8501 DITEMUKAN: Setelah Seluruh Penumpang Ditemukan, Baru Cari Kotak Hitam
KRI Sutedi Sena Putra-378 mengindera objek bawah air di sektor fokus pencarian AirAsia QZ 8501, di Perairan Teluk Kumai, Kalimantan Selatan, Rabu (31/12/2014). - Antara/Joko Sulistyo

Bisnis.com, JAKARTA - Tim gabungan SAR berharap pada hari ke-8 pencarian esok hari (4/1/2015), cuaca diharapkan bersahabat sehingga mendukung kelancaran operasi pencarian dan evakuasi penumpang maupun pesawat AirAsia QZ8501.

"Besok (Minggu, 4/1) kita punya harapan, cuaca lebih baik, gelombang laut diperkirakan 1,5-2 meter. Ini memberi peluang untuk dapat hasil lebih baik dari hari ini," kata Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), FH Soelistyo, Sabtu (3/1/2015).

Dia menjelaskan pada operasi pencarian esok hari, pembagian sektor masih sama.

Kapal yang memiliki alat towed pinger locator untuk dapat mencari kotak hitam pesawat di sektor prioritas yang banyak ditemukan obyek besar bagian dari pesawat tersebut.

Kapal lain, tetap akan melakukan pencarian dan evakuasi korban maupun serpihan pesawat rute penerbangan Surabaya-Singapura tersebut.

Arus bawah laut pada Sabtu sore, paparnya, sangat kuat. Hal tersebut menyebabkan "remotely operated vehicle" (ROV) yang akan diturunkan kapal Geo Survey tidak dapat melakukan pengambilan gambar.

"Yang kita turunkan tidak bisa melakukan pengambilan gambar karena arus mencapai dua knot di bawah permukaan laut. Jadi saya putuskan untuk bersiaga, besok pagi saat gelombang baik dan bisa dilakukan penyelaman dengan dilakukan 'on skin' penyelaman, diatur supaya bisa tertata dengan hasil optimal," ujarnya.

Soelistyo menegaskan tujuan utama operasi ini bukan mengangkat obyek atau benda tetapi mencari penumpang yang menjadi korban insiden tersebut.

"Kedua, jika penumpang telah semua ditemukan, baru kotak hitam yang menjadi fokus pencarian". (ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

AirAsia QZ8501 Ditemukan

Sumber : Newswire

Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top