Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kelebihan & Kekurangan Penggunaan BBG

Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi menilai penggunaan BBG dapat mengurangi biaya transportasi dan lebih efisien, Karena harganya lebih murah dibandingkan dengan BBM yakni hanya Rp3.100 per liter.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi menilai penggunaan BBG dapat mengurangi biaya transportasi dan lebih efisien, Karena harganya lebih murah dibandingkan dengan BBM yakni hanya Rp3.100 per liter.

Selain itu, nilai positif dari penggunaan BBG a.l. dapat mengurangi impor BBM, bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, bahan bakar yang relatif aman daripada BBM khususnya ketika terjadi kecelakaan atau kebakaran karena adanya ketersedian safety valve.

“Tetapi yang perlu diperhatikan adalah cara kerja mesin kendaraan BBG berbeda dengan kendaraan BBM. Maka dari itu para sopir harus mengetahui teknisnya,” tuturnya Senin (22/12/2014).

Adapun, yang menjadi kendala dalam implementasi konversi BBM ke BBG yakni masih sedikitnya sebaran stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG). Selain itu, biaya pengadaan kendaraan berbahan bakar gas jauh lebih mahal daripada kendaraan dengan berbahan bakar minyak.

“Bandingkan saja harga truk ber-BBM sekitar Rp800 juta sedangkan harga truk sejenis ber-BBG bisa mencapai Rp1,5 miliar,” katanya.

Ditambah dengan perusahaan transportasi yang masih ragu untuk mengalihkan moda angkutannya dari BBM ke BBG karena belum ada kepastian keterserdian cadangan BBG dari pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper