Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARGA CABAI RAWIT di Gorontalo Tembus Rp100.000/Kg

Harga cabai rawit di Kabupaten Gorontalo Utara, menembus angka Rp100.000 /kilo gram, sedangkan cabai merah keriting mencapai Rp50.000/kilo gram.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 November 2014  |  09:50 WIB
HARGA CABAI RAWIT di Gorontalo Tembus Rp100.000/Kg
Cabai rawit - Bisnis.com

Bisnis.com, GORONTALO - Harga cabai rawit di Kabupaten Gorontalo Utara, menembus angka Rp100.000 /kilo gram, sedangkan cabai merah keriting mencapai Rp50.000/kilo gram.

"Mahalnya harga cabai di daerah ini dipicu kemarau panjang yang sempat melanda sejumlah daerah, termasuk beberapa daerah pemasok cabai terbesar di Provinsi Gorontalo, di antaranya Kabupaten Gorontalo, dan Boalemo," ujar Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Gorontalo Utara, Muchtar Adam, Jumat (21/11/2014).

Naiknya harga cabai memang tergolong cepat hanya selang sepekan kenaikannya rata-rata Rp15 ribu/kilo gram. Namun, Muchtar menjamin jika tingginya harga cabai tidak akan berlangsung lama.

"Paling tidak harga cabai yang cukup meroket ini akan bertahan hingga 2 bulan ke depan," ujarnya.

Dia beralasan tanaman cabai milik petani khususnya di kabupaten ini tidak mati, namun musim kemarau membuat produksi buahnya hampir-hampir tidak ada.

Dengan demikian, curah hujan yang semakin baik ini, diharapkan segera memicu produksi cabai lokal maupun meningkatkan pasokan komoditi unggulan rempah-rempah ini kembali normal.

Pantauan wartawan di sejumlah pasar tradisional daerah ini, di antaranya di pasar Jumat Gentuma Raya, harga cabai menjadi topik hangat yang cukup menghebohkan konsumen khususnya ibu rumah tangga.

Tien Palia, salah seorang warga Desa Imana, mengaku kaget dengan tingginya harga cabai rawit.

"Biasanya saya membeli cabai ukuran 0,5 kilo gram untuk persediaan selama seminggu, namun harga cabai yang sangat mahal terpaksa saya beralih membeli cabai rawit kering yang hanya dijual Rp10.000/kilo gram," ujarnya.

Sementara itu, komoditas rempah-rempah lainnya yang mulai mengalami kenaikan harga yaitu tomat apel, naik dari Rp1.000-Rp2.000/kilo gram kini menjadi Rp3.000/kilo gram.

Sedangkan bawang merah dan putih stabil di kisaran Rp20.000/kilo gram, bawang daun Rp6.000/kilo gram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gorontalo cabai rawit

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top