Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Spesialisasi Pelayanan: Pelabuhan Perlu Anak Usaha Khusus

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV menilai dalam mengembangkan pelabuhan khusus atau spesialisasi pelabuhan perlu membentuk anak usaha dari joint venture perusahaan pelabuhan dan pelayaran.

Bisnis.com, SURABAYA--PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV menilai dalam mengembangkan pelabuhan khusus atau spesialisasi pelabuhan perlu membentuk anak usaha dari joint venture perusahaan pelabuhan dan pelayaran.

Direktur Utama Pelindo  IV Mulyono mengatakan dengan melakukan spesialisasi palabuhan diyakini sistem pelayaran di Indonesia akan semakin baik karena setiap muatan memiliki jalur masing-masing tanpa menggangu jadwal setiap pelayaran.

"Semakin pelabuhan itu terspesialisasi maka semakin bagus.  Jadi ada terminal khusus untuk petikemas, terminal ikan, terminal ternak, terminal buah dan terminal khusus mobil," jelasnya usai diskusi Pelindo IV dengan pengusaha pelayaran di Surabaya, Senin (3/11/2014).

Dia mengatakan saat ini terminal khusus yang berpotensi adalah pelabuhan untuk cruise atau kapal pesiar. Selama ini, kapal-kapal barang maupun pesiar masih harus bergantian dan saling menunggu untuk bersandar karena belum adanya spesiliasasi pelabuhan.

"Kami sedang purpose agar tercipta anak perusahaan dari PT Pelni atau Pelindo untuk membuat terminal khusus cruise. Spesialisasi pelayanan ini membuat logistik cost lebih bagus, port time dari kapal juga lebih cepat. Nantinya anak usaha tersebut akan mengelola pelabuhan di terminal khusus itu," imbuhnya.

Menurut Mulyono, saat ini wilayah yang prioritas untuk dibuat spesialisasi terminal yakni pelabuhan di Jakarta dan Makassar, karena Jakarta selama ini memiliki arus pelayaran yang sangat padat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper