Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Dorong Pemerintah Percepat Pembangunan Ekonomi Regional

Bank Indonesia bersama pemerintah pusat dan pemda melakukan rapat koordinasi membatasi kelanjutan agenda reformasi struktural dalam rangka percepatan pembangunan ekonomi regional di BI Sulut, Manado, Senin (11/8).

Bisnis.com, MANADO - Bank Indonesia bersama pemerintah pusat dan pemda melakukan rapat koordinasi membatasi kelanjutan agenda reformasi struktural dalam rangka percepatan pembangunan ekonomi regional di BI Manado, Sulut.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menuturkan rapat tersebut menghasilkan sejumlah komitmen kebijakan dalam mendorong percepatan pembangunan ekonomi.

“Komitmen tersebut tidak hanya melibatkan pemerintah pusat dan BI, tetapi juga pemda. Implementasi dari komitmen ini akan menjadi kunci bagi percepatan pembangunan ekonomi regional ke depan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (12/8/2014).

Pemerintah pusat dan daerah bersama BI menyepakati sejumlah langkah strategis dalam upaya meningkatkan daya saing ekspor manufaktur.

Pemerintah pusat berkomitmen untuk menyediakan dukungan kebijakan dan regulasi untuk meningkatkan iklim investasi.

Dukungan kebijakan tersebut a.l. berupa penyederhanaan perizinan investasi, peningkatan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), penyediaan insentif untuk mendorong peningkatan investasi, serta memperkuat upaya pencegahan korupsi baik di pusat maupun daerah.

Selain itu, pemerintah pusat akan mengembangkan strategi investasi daerah-daerah yang terintegrasi guna mendorong sektor manufaktur.

“Pemda juga akan mendukungnya melalui perbaikan birokrasi dan perizinan, termasuk sinkronisasi peraturan dan penerapan e-government dalam menghadapi penerapan Masyarakat Ekonomi Asean 2015,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper