Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ARUS MUDIK H -3 Paling Lengang dalam 4 Hari Terakhir

Kepadatan penumpang berangkat dari seluruh moda transportasi angkutan Lebaran pada H -3, Jumat (25/7/2014), paling lengang dibandingkan dengan H-7 sampai H-4. Kondisi berlaku untuk angkutan bus, penyeberangan, kereta api, dan laut.
Moda transportasi tervaforit ialah kereta api / Antara
Moda transportasi tervaforit ialah kereta api / Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Kepadatan penumpang berangkat dari seluruh moda transportasi angkutan Lebaran pada H -3, Jumat (25/7/2014), paling lengang dibandingkan dengan H -7 sampai H -4. Kondisi berlaku untuk angkutan bus, penyeberangan, kereta api, dan laut.

Hanggoro Budi Wiryawan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan menyatakan selama empat hari terakhir puncak arus penumpang berangkat terjadi pada H -4, Kamis (24/7/2014).

Pada H -3 ini keberangkatan penumpang paling banyak ada pada angkutan Lebaran moda kereta api sejumlah 99.965 orang. Keseluruhan penumpang berangkat selama H -7 sampai H -3 jumlahnya mencapai 1,45 juta orang.

Moda angkutan Lebaran terfavorit setelah kereta api ialah bus yang pada hari ini memberangkatkan 50.889 penumpang. Total penumpang yang berangkat sebanyak 1,07 juta orang selama periode arus mudik H-7 sampai H-3.

Kereta api dan bus mengalami puncak kepadatan kemarin masing-masing memberangkatkan 211.751 orang dan 344.251 orang. Khusus untuk sepur sepanjang H -15 sampai H -8 mengangkut 542.214 penumpang, sedangkan bus belum menunjukkan geliat arus mudik pada periode itu.

Hanggoro menjelaskan moda transportasi lain yang banyak dipakai pemudik adalah angkutan penyeberangan yang pada hari ini tercatat baru memberangkatkan 2.602 orang dan 205.823 orang kemarin. Sejak H -7 sampai sekarang tercatat 746.916 orang diseberangkan.

Varian angkutan Lebaran terakhir adalah yang berlayar di laut. Moda angkutan ini memberangkatkan 6.922 orang pemudik pada hari ini atau 536.435 orang selama empat hari terakhir. Penumpang angkutan laut yang berangkat pada H -4 berjumlah 50.489 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper