Besok, CT Keliling Pasar Sidak Harga Sembako

Guna mengantisipasi inflasi dan lonjakan harga komoditas jelang puasa dan lebaran, Menko Perekonomian Chairul Tanjung berencana sidak ke sejumlah pasar di Jakarta.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 12 Juni 2014  |  13:15 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-- Guna mengantisipasi inflasi dan lonjakan harga komoditas jelang puasa dan lebaran, Menko Perekonomian Chairul Tanjung berencana sidak ke sejumlah pasar di Jakarta.

"Jumat [besok] kita akan sidak langsung ke pasar untuk memastikan harga tetap terkendali," katanya kepada wartawan di kantornya, Kamis (12/6/2014).

Dia menyebutkan jelang bulan puasa dan lebaran, selalu terjadi kenaikan harga yang disebabkan tingginya permintaan.

Hal itu, baginya, lumrah dalam hukum pasar. Namun, akan jadi persoalan jika kenaikan harga terlalu tinggi, yang menyebabkan daya beli masyarakat menurun.

"Sejauh ini harga masih stabil, tapi akan dilakukan sidak ke pasar-pasar untuk memastikan harga riil di lapangan," ujarnya.

CT, panggilan akrab Chairul Tanjung, mengatakan pemerintah sudah melakukan sejumlah strategi agar ketersediaan barang terjaga, mobilitas lancar, dan harga terkendali.

Lembaganya, lanjut CT sudah bekerja sama dengan  distributor untuk menjamin penumpukan tidak terjadi yang akan menghambat rantai pasokan.

"Untuk mereka yang nakal akan diberi sanksi," katanya.

Makanya, kata CT, pengawasan oleh semua pihak diperlukan agar gejolak harga bisa ditekan dan inflasi terkendali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
harga sembako

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top