Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor China Antusias Bangun Smelter di Indonesia

Pemeritah menyatakan investor China sangat tertarik untuk membangun pabrik pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) di Indonesia. Kementerian ESDM mencatat beberapa smelter yang baru berdiri merupakan hasil kerja sama dengan investor China.

Bisnis.com, JAKARTA—Pemeritah menyatakan investor China sangat tertarik untuk membangun pabrik pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) di Indonesia. Kementerian ESDM mencatat beberapa smelter yang baru berdiri merupakan hasil kerja sama dengan investor China.

Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM R. Sukhyar mengatakan pihaknya baru saja mengunjungi negara tersebut. Dalam kunjungan itu, investor China sangat tertarik untuk membangun pabrik di Indonesia.

“Mereka [investor China] sangat tertarik. Bahkan sebagian sudah merealisasikan pembangunan smelter-nya di Indonesia,” katanya, Senin (12/5/2014).

Sebagai catatan, pasokan bijih mineral mentah China semakin hari semakin menipis dan diperkirakan habis sebelum akhir tahun ini. Pemerintah negara Tirai Bambu tersebut mulai kelimpungan mencari sumber bahan baku.

Sukhyar mengatakan sejak diberlakukannya kebijakan larangan ekspor mineral mentah oleh pemerintah Indonesia, praktis China kehilangan pemasok utama bijih mineral. Akhirnya, mereka harus mencari pemasok lain.

Sukhyar menyebutkan perusahaan-perusahaan asal China mulai melirik negara-negara yang memiliki potensi bijih mineral melimpah. Namun, ternyata tidak ada negara yang bisa menandingi Indonesia.

“Mereka mencoba membeli nikel dari Filipina, tetapi ternyata nkel dari negara tersebut kualitasnya tidak sebagus yang dimiliki Indonesia,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper