Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Dunia: Indonesia Berhasil Kelola Risiko Global

Pengelolaan risiko secara bertanggung jawab dan efektif dapat menghindari kerusakan ekonomi, juga menghindari negara dari terjadinya kemunduran dalam pembangunan.
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 30 April 2014  |  10:23 WIB
Ilustrasi p0ertumbuhan ekonomi. Bank Dunia sebuat Indonesia berhasil kelola risiko gagal - JIBI
Ilustrasi p0ertumbuhan ekonomi. Bank Dunia sebuat Indonesia berhasil kelola risiko gagal - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA--Bank Dunia berharap semua negara dapat mengantisipasi dan beradaptasi terhadap perkembangan dan perubahan global, mengingat kondisi global yang dinamis dapat memunculkan beragam risiko.

Director World Development Report 2014 Bank Dunia, Norman Loayza menyarankan agar semua negara membentuk badan risiko nasional yang berfungsi untuk mengelola risiko ke dalam agenda pembangunan.

"Dan Indonesia merupakan salah satu negara di dunia telah melakukan adaptasi ini, tinggal mengoptimalkan peluang yang ada," jelasnya seperti dimuat situs Kemenkeu, Rabu (30/4/2014).

Dia menyebutkan pengelolaan risiko secara bertanggung jawab dan efektif dapat menghindari kerusakan ekonomi, juga menghindari negara dari terjadinya kemunduran dalam pembangunan. "Sekaligus dapat mengoptimalkan peluang."

Pernyataan Loayza tersebut merujuk pada terus meningkatnya angka cadangan devisa Indonesia serta prospek investasi dan kondisi neraca transaksi berjalan yang terus membaik.

"Laju inflasi juga merupakan faktor yang sangat penting untuk terus dicermati dan dikendalikan dalam rangka menjaga ketahanan ekonomi," imbuhnya.

Selain itu, pemberian insentif yang tepat bagi lembaga atau individu juga dinilai penting untuk meredam potensi kerugian sebagai dampak dari perubahan global. "Hal itu juga telah dilakukan Indonesia melalui sejumlah paket kebijakan pemerintah yang diluncurkan tahun lalu (2013)."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank dunia
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top