Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LOKASI PLTN: Borneo Sasaran Terkuat

PT Batan Teknologi menawarkan Kalimantan sebagai lokasi pengembangan proyek prototype pembangkit listik tenaga nuklir (PLTN) milik TerraPower.n
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 29 April 2014  |  17:33 WIB
Proyek PLTN di Jepang. Batan menjadikan Borneo sebagai sasaran lokasi terkuat - Reuters
Proyek PLTN di Jepang. Batan menjadikan Borneo sebagai sasaran lokasi terkuat - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Batan Teknologi menawarkan Kalimantan sebagai lokasi pengembangan proyek prototype pembangkit listik tenaga nuklir (PLTN) milik TerraPower.

Direktur Utama Batan Teknologi Yudiutomo Imardjoko mengatakan pulau Borneo dinilai aman, karena jauh dari risiko terjadinya gempa.

Kemudian, seluruh Gubernur di Kalimantan telah menyetujui proyek dengan sumber tenaga nuklir dan telah melakukan pendekatan dengan DPR.

"Ini reactor paling bagus, tidak ada limbah nuklir. Saya harapkan bisa dikembangkan di Indonesia," katanya di sela acara Indonesia Green Infrasctructure Summit 2014, Selasa (29/4).

TerraPower, lanjut Yudi, tengah mencari lokasi yang cocok untuk mengembangkan teknologi tersebut. Selain Indonesia, urainya, perusahaan tersebut juga sedang menjajaki China.

Pasalnya, regulasi pembangunan nuklir di Tiongkok lebih mudah dan mendukung. China, sambungya, juga sudah sangat hebat dalam pengembangan reactor sehingga biaya produksi akan lebih murah.

Prototype proyek tersebut akan menggunakan teknologi terbaru yakni Travelling Wave Reactor (TWR) dengan reactor generasi keempat yang dibiayai oleh orang terkaya Bill Gates.

Teknologi tersebut, sambungnya, akan mereduksi radiasi yang dihasilkan karena  menggunakan limbah nuklir yang telah tertanam puluhan ribu tahun di Amerika.

Selain itu, bahan bakar yang dibutuhkan yakni uranium dapat disubtitusi oleh torium yang banyak tersedia di pantai Indonesia dan dapat diganti hingga 60 tahun sekali.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pltn
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top