Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

REI Tolak Rencana Akuisisi BTN oleh Bank Mandiri

Pengembang yang tergabung dalam Realestat Indonesia (REI) mendukung pemerintah dalam membesarkan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk tetapi tidak melalui akuisisi oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Sukirno
Sukirno - Bisnis.com 23 April 2014  |  13:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Pengembang yang tergabung dalam Realestat Indonesia (REI) mendukung pemerintah dalam membesarkan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., tetapi tidak melalui akuisisi oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat REI Eddy Hussy menegaskan tidak mendukung proses akuisisi, apalagi oleh bank lain yang misinya jelas berbeda dengan misi yang dijalankan oleh BTN.

"Rencana pemerintah melakukan pemupukan dana melalui tabungan perumahan juga bisa mengatasi sekaligus bisa membesarkan BTN jika peran tersebut diberikan," katanya di kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Selasa (23/4/2014).

Menurutnya, pemerintah dan DPR sedang menggodok Rancangan Undang Undang Tabungan Perumahan (Tapera). Dia berharap semua pihak bisa memberikan fokus kepada RUU tersebut terlebih dahulu.

Apabila sudah diundangkan dan beroperasi, sambung Eddy, tentunya akan sangat membantu pembiayaan perumahan.

Pada dasarnya, dari sisi pengembang, pembiayaan dengan bank manapun tidak memiliki persoalan.

Namun, infrastruktur pendukung dan sumberdaya manusia di BTN dinilai sudah lebih mengerti karakter bisnis yang dijalankan pengembang, khususnya pengembang kecil yang sebagian besar di daerah.

Dia menambahkan, hubungan pengembang di daerah dengan BTN dinilai sangat baik dan profesional. Namun, adanya isu akuisisi membuat pengembang di daerah mulai resah.

"Karena BTN selama ini membiayai perumahan semua kelas, mulai dari rumah sederhana hingga mewah. Pengembang di daerah ingin BTN besar, tetapi bukan dengan akuisisi," paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

btn
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top