Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dekranas Ajak Perajin UKM Ikut World Trade Crafts Council

Bagi para perajin dan UKM yang memiliki produk kerajinan bagus, dan khas Indonesia, silahkan ikut mendaftar dalam acara bergengsi tingkat dunia, The World Crafts Council (WCC) Award of Excellence for Handicraft 2014.

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) mengajak  para perajin dan UKM yang memiliki produk  khas Indonesia mengikuti The World Crafts Council (WCC) Award of Excellence for Handicraft 2014.

Kompetisi ini akan diikuti oleh produk kerajinan dari negara-negara di wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Asia Pasifik.

"Kami mengundang para UKM dan perajin yang memiliki produk kerajinan unggulan, untuk ikut dalam WCC Award 2014i. Boleh sebanyak-banyaknya. Pendaftaran dibuka mulai sekarang sampai dengan 31 Juli," kata Okke Hatta Rajasa, Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), di Jakarta, Selasa (22/4/14).

Okke menuturkan kegiatan evaluasi/penjurian WCC Award ini akan berlangsung pada 18-22 Agustus 2014 di Kantor Kementerian Perdagangan. Dewan juri terdiri dari pakar yang kompeten di bidang kerajinan, serta desain dan pemasaran. Ada enam pakar dari berbagai negara dan satu pakar dari Indonesia.

Untuk pengumuman penghargaan, tambah Okke, akan dilakukan pada 1 September 2014. “Para penerima penghargaan WCC Award ini akan dipromosikan oleh WCC, antara lain dengan diikutsertakan pada pameran di Dongyang, China, pada 18 Oktober 2014, bertepatan dengan peringatan 50 tahun WCC.

Okke menjelaskan kegiatan WCC Award ini merupakan kelanjutan dari acara Unesco Award of Excellence for Handicraft, yang dilaksanakan sejak 2001. Unesco Award terakhir kali diselenggarakan di Kuching, Malaysia pada 2012.

"Ketika itu Indonesia mengirimkan 31 karya, dan 18 diantaranya berhasil memperoleh penghargaan. Namun, sejak 2013 Unesco tidak lagi berkonsentrasi pada program kegiatan award ini, melainkan focus pada program prioritas Unesco lainnya," kata Okke.

Sehubungan dengan hal tersebut, lanjutnya, pada 2014 ini penghargaan tersebut dilanjutkan oleh WCC dengan program The WCC Award of Excellence for Handicraft dibawah Unesco Patronage.

"Dekranas dan Kementerian Perdagangan siap mendukung dan menyukseskan WCC Award 2014 ini. Dalam kesempatan ini Dekranas juga akan mengirimkan karya para penerima penghargaan dari Inacraft Award 2013 dan 2014," ungkapnya.

Inacraft 2014 akan berlangsung pada 23-27 April ini di Jakarta Convention Center. "Tentunya WCC Award ini dapat dimanfaatkan oleh para perajin Indonesia semaksimal mungkin," tambah Okke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper