Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investasi SPBU Minimal Butuh Rp5 Miliar, Bisa Balik Modal 5 Tahun

PT Pertamina (Persero) menyebutkan besaran dana investasi yang dibutuhkan untuk membangun sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) sekitar Rp5 miliar hingga Rp8 miliar.
M. Taufiqur Rahman
M. Taufiqur Rahman - Bisnis.com 15 April 2014  |  22:03 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—PT Pertamina (Persero) menyebutkan besaran dana investasi yang dibutuhkan untuk membangun sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) sekitar Rp5 miliar hingga Rp8 miliar.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan kisaran tersebut bergantung pada harga tanah yang akan ditempati. Jika lokasinya berada di tempat yang strategis, tentunya modalnya semakin tinggi, tetapi pengembalian balik modalnya juga semakin cepat.

“Kisaran break event point atau balik modalnya sekitar 5 tahun hingga 12 tahun. Bergantung pada omzet atau penjualan setiap harinya,” katanya, Selasa (15/4/2014).

Dia menyebutkan SPBU dapat melayani konsumen kendaraan bermotor dan  pengguna lainnya yang berhak sesuai dengan ketentuan, khususnya di darat. Untuk mendapatkan BEP yang sesuai dengan hitungannya, omzet per harinya minimal 15 kiloliter.

Data Pertamina menyebutkan, saat ini perusahaan pelat merah tersebut memiliki 9,52 juta konsumen roda empat, 77,76 juta konsumen roda dua, 1,95 juta konsumen bus, 4,72 juta konsumen barang dan 80.000 konsumen berkategori kendaraan khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

spbu pertamina
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top