Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejar Target 6 Juta Penumpang, Ini Rencana Ekspansi Batik Air

Batik Air agresif ekspansi usaha tahun ini dengan membuka penerbangan internasional, menambah rute domestik dan armada pesawat untuk meraih target penumpang hingga 6 juta orang.

Bisnis.com, SINGAPURA--Batik Air agresif ekspansi usaha tahun ini dengan membuka penerbangan internasional, menambah rute domestik dan armada pesawat untuk meraih target penumpang hingga 6 juta orang.

Direktur Utama Batik Air Achmad Luthfie mengemukakan sejak maskapai dengan target pasar kelas premium ini beroperasi pada Mei 2013 hingga Januari 2014, jumlah penumpang yang diangkut sudah lebih dari 1 juta orang.

Dia menilai animo masyarakat terhadap maskapai milik Grup Lion Air ini terbilang tinggi dan perusahaan menerapkan standar tinggi dalam menjalankan kinerjanya.

Menurut Achmad, tidak berlebihan jika perusahaan mampu menyabet gelar sebagai maskapai paling tepat waktu (on time performance) dari pemerintah.

"Tentu prestasi ini merupakan hasil kerja keras semua karyawan," katanya saat konferensi pers di Singapura, Kamis (27/2/2014).

Adapun rencana bisnis yang akan dijalankan tahun ini yaitu menggarap penerbangan perdana internasional Jakarta-Singapura pada November atau Desember 2014.

Menurutnya, rute Jakarta-Singapura merupakan jalur dengan pasar yang terus meningkat setiap tahunnya. "Menurut rencana, jumlah flight Jakarta-Singapura akan lebih dari 1 kali per hari. Kami memilih November atau Desember karena saat terjadi lonjakan penumpang."

Dia mengatakan target penerbangan internasional selanjutnya adalah Jakarta-Kuala Lumpur yang ditargetkan mulai beroperasi pada awal 2015. Setelah itu, Batik Air membidik kota-kota di Asia Tenggara lainnya, serta Hong Kong.

Adapun untuk penerbangan domestik, Batik Air akan menambah rute penerbangan baru menjadi 22 destinasi, dari sebelumnya 10 destinasi.

Kota tujuan baru penerbangan domestik yaitu Banjarmasin, Batam, Gorontalo, Kendari, Medan, Padang, dan Palembang, Palu, Timika, Tarakan, dan Solo.

Dia mengatakan untuk menopang kinerja perusahaan tetap baik pada tahun, pihaknya akan  melakukan promosi/kampanye besar-besaran melalui beragam media dan kegiatan.

Akan tetapi, dia enggan merinci program promosi/kampanye besar-besaran yang akan berjalan mulai Mei 2014 itu.

Corporate Secretary Lion Air Adhitya Simanjuntak mengatakan saat ini Batik Air mengoperasikan 6 pesawat Boeing 737-900 ER dengan konfigurasi 168 kelas ekonomi dan 12 kursi kelas bisnis.

Pada tahun ini, Batik Air akan menambah 10 pesawat, yakni 6 pesawat Airbus A320 dan 4 unit Boeing 737-800s.

Armada baru tersebut akan datang secara bertahap mulai Juli 2014 hingga akhir tahun dan langsung dioperasikan.

Menurut Adhitya, Batik Air merupakan pengguna pertama armada A320 di Lion Group. A320 memiliki 144 kursi kelas ekonomi dan 12 kelas bisnis. Adapun Boeing 737-800s akan memiliki 150 kursi ekonomi dan 12 kursi bisnis.

"Penumpang Batik Air semua kelas akan mendapatkan hiburan dengan perangkat baru yang menggunakan sistem dari perusahaan asal Amerika Serikat, Lumexis Corporation," ucapnya.

Fasilitas lainnya berupa kursi penumpang yang semuanya terbuat dari kulit dengan ruang yang cukup lapang dan layanan full service makanan serta free bagasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper