Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erupsi Sinabung tak Pengaruhi Wisatawan ke Medan

Musibah erupsi Gunung Sinabung yang terjadi di Kabupaten Karo, Sumatra Utara sejak September tahun lalu dinilai tidak terlalu mempengaruhi perjalanan wisatawan yang berkunjung ke Sumut melalui Bandara Kualanamu.

Bisnis.com, JAKARTA - Musibah erupsi Gunung Sinabung yang terjadi di Kabupaten Karo, Sumatra Utara sejak September tahun lalu dinilai tidak terlalu mempengaruhi perjalanan wisatawan yang berkunjung ke Sumut melalui Bandara Kualanamu.

“Erupsi Gunung Sinabung hanya berdampak terhadap daerah di sekitar radius 5 km, hal ini tidak mempengaruhi perjalanan wisatawan ke Sumatera Utara. Apalagi, jaraknya ke bandara relatif jauh,” ucap Firmansyah Rahim, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kemenparekraf dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (5/2/2014).

Menurutnya, destinasi wisata seperti Danau Toba saat ini masih menjadi lokasi wisata favorit dan tetap dikunjungi wisatawan baik domestic maupun internasional.

Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan wisman yang berwisata ke Medan melalui Kualanamu pada November dan Desember 2013 mencapai sebesar 24.784 dan 27.948 orang atau dua kali lipat lebih besar dibanding saat low seasons pada Januari 2013.

Meningkatnya kunjungan wisman tersebut antara lain dikarenakan semakin mudahnya aksesibilitas ke destinasi pariwisata dengan bertambahnya konektivitas penerbangan langsung dari negara-negara sumber wisman ke destinasi wisata.

Selain itu, fasilitas bandara baru seperti Kualanamu membuat banyak maskapai penerbangan internasional membuka jalur baru atau menambah frekuensi penerbangan ke Sumatera Utara.

Terkait korban Sinabung, Firmansyah menambahkan saat ini pemerintah terus berfokus pada penanganan pengungsi, agar tetap sehat dan aman di lokasi penampungan dengan ketersediaan makanan dan obat-obatan yang mencukupi.

”Pasca-tanggap darurat nanti pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat diharapkan bahu membahu untuk mempercepat pemulihan,” kata Firmansyah.

Seperti halnya musibah banjir bandang di kota Manado beberapa waktu lalu, yang saat ini telah memasuki tahap pemulihan. Pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat Manado, menurutnya, bahu membahu memperbaiki infrastruktur guna mempercepat pemulihan.

“Melalui perbaikan tersebut maka aksesibilitas transportasi di Manado akan cepat pulih sehingga wisatawan dapat tetap mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang menarik di daerah tersebut.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper