Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tingkat Kepercayaan Konsumen Indonesia Masih Tinggi

Meningkatnya kekhawatiran terhadap stabilitas ekonomi dan politik menjelang Pemilihan Umum 2014, nyatanya tidak terlalu berdampak terhadap kepercayaan diri konsumen dan niat mereka untuk berbelanja dalam 12 bulan ke depan.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 30 Januari 2014  |  17:08 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Meningkatnya kekhawatiran terhadap stabilitas ekonomi dan politik menjelang Pemilihan Umum 2014, nyatanya tidak terlalu berdampak terhadap kepercayaan diri konsumen dan niat mereka untuk berbelanja dalam 12 bulan ke depan.

Bahkan, Indonesia tercatat memiliki indeks tertinggi secara global yaitu 124, naik 4 poin dari kuartal sebelumnya, dan 26 poin di atas poin rata-rata global sebesar 94. Ini menunjukan bahwa Indonesia tetap menjadi pasar paling optimistis selama 4 kuartal berturut-turut.

Demikian yang terungkap dari hasil Nielsen Global Survey of Consumer Cofidence and Spending Intentions yang dilaksanakan pada kuartal akhir tahun lalu terhadap lebih dari 30.000 konsumen online di 60 negara.

Catherine Eddy, Managing Director Nielsen Indonesia, mengatakan pola optimisme konsumen ini telah terjadi seperti masa-masa lalu menjelang pemilu. “Karena itu, kami yakin prospek bisnis dan industri di 2014 akan tetap cerah," ucapnya, Kamis (30/1/2014).

Tidak hanya itu, 84% konsumen online Indonesia pun sangat yakin dengan kondisi keuangan pribadi mereka, termasuk prospek pekerjaan yang dinilai masih akan baik dan sangat baik oleh 74% konsumen online.

Dengan keyakinan tersebut, sambungnya, konsumen pun masih akan tetap cenderung untuk berbelanja. "Ini menjadi kabar baik bagi para peritel karena mengindikasikan kecenderungan konsumen untuk tetap membeli barang-barang yang mereka butuhkan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemilu 2014 kepercayaan konsumen
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top