Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cikapundung Promenade Selesai 2014

Pemerintah memberdayakan fungsi Sungai Cikapundung untuk menyediakan kawasan ruang publik terpadu melalui pembangunan Cikapundung Promenade
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan pemerintah provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melakukan peletakan batu pertama kegiatan restorasi sungai Cikapundung di kawasan Babakan Siliwangi, Senin (28/10/2013).

Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Muhammad Hasan mengatakan pemerintah akan membangun Cikapundung Promenade yakni kawasan ruang publik terpadu yang ditujukan di antaranya untuk peragaan edukasi, amphiteater, jogging track, dan rafting.

Menurutnya, pendekatan restorasi tersebut berbeda dengan negara lainnya yang menitikberatkan pada pembangunan fisik yang mahal.

“Kami menekankan bagaimana menggali sinergitas masyarakat dengan komunitas dan kearifan lokal,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (28/10/2013).

Dia menyampaikan sebelumnya penerapan restorasi tersebut sudah dilakukan antara lain di Kali Garang Semarang dan Kali Winongo Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Adang Shaf Ahmad menjelaskan kegiatan restorasi itu akan selesai pada akhir 2014, akan tetapi untuk tahap I ditargetkan selesai pada Mei 2014.

Dia menyampaikan pada tahun ini, balai memulai kegiatan dengan anggaran Rp3,5 miliar yang digunakan untuk menyelesaikan sebagian restoration spot di sekitar Babakan Siliwangi.

Kemudian pembangunan  jalan setapak selebar 1,2 meter dan  panjang 1,2 km dari jembatan Babakan Siliwangi sampai bendung Leuwi Limus.

“Untuk pengerjaan sisanya dialokasikan Rp15 miliar di 2014,” katanya.

Kegiatan restorasi di sungai Cikapundung dibagi menjadi tiga zona, yaitu hulu, tengah, dan hilir. Hulu adalah tempat konservasi, hilir mempunyai karakteristik komersial dan permukiman, sedangkan hilir difokuskan menjadi permukiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper