Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI-Korsel Sepakat Bangun 500 Titik OVOP

Bisnis.com,  JAKARTA—Indonesia dan Korea Selatan sepakat mengembangkan sekitar 500 program bagi pelaku usaha kecil dan menengah berbasis koperasi melalui program One Village One Product di berbagai provinsi Indonesia melalui kemitraan yang

Bisnis.com,  JAKARTA—Indonesia dan Korea Selatan sepakat mengembangkan sekitar 500 program bagi pelaku usaha kecil dan menengah berbasis koperasi melalui program One Village One Product di berbagai provinsi Indonesia melalui kemitraan yang direncanakan hingga 2020.

Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya KUMK Kementerian Kopersi dan UKM, I Wayan Dipta, mengatakan sinergi yang dilakukan pemerintah Indonesia dengan Korea Selatan untuk melaksanakan pembinaan dan penerapan praktik di Indonesia.

"Korea Selatan dan Indonesia sudah melakukan identifikasi dan memelihara penciptaan model kerja sama untuk pengembangan proyek one village one product (OVOP) berbasis koperasi,” katanya, Kamis (10/10/2013).

Korsel bahkan berjanji memberi pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat lokal yang akan mengembangkan OVOP secara berkesinambungan.

Sedangkan sebagian pembiayaan program melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan Korsel di Indonesia.

Wayan Dipta berharap Korsel bisa meningkatkan investasinya di Indonesia, melakukan peningkatan capacity building, mendampingi UKM memperbaiki kualitas produk, sekaligus mempromosikan produk-produk UKM Indonesia.

Presiden KOTRA, Oh Young Ho mengatakan pihaknya mendukung melalui pembukaan pasar yang baru bagi produk OVOP yang dikelola koperasi bersama pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia.

"Kami sepakat ikut memasarkan produk yang dihasilkan program OVOP Indonesia dan sebagian keuntungan dari program ini akan digunakan untuk pengembangan OVOP berikutnya," kata Oh Young Ho.

Menurut Oh Young Ho, kerja sama juga dilaksanakan untuk memperingati hubungan diplomatik ke-40 tahun antara Korea-Indonesia.
KOTRA telah membuat kerangka kerja menciptakan nilai baru melalui pertukaran ide-ide kreatif sumber daya manusia, bukan hanya pertukaran produk dan modal.

Dalam kerja sama itu KOTRA akan mengajak pemuda berbakat dari kedua negara berpartisipasi dan berencana mengembangkan masyarakat lokal secara berkelanjutan dan menciptakan lapangan kerja.

Secara umum, program OVOP yang dikembngkan untuk membntu UKM di perdesaan di bawah naungan koperasi.

Program ini terbukti berhasil meningkatkan kapasitas produksi maupun kualitas komdoitas yang dihasilkan petani.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper