Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perumnas Perlu Dikembalikan Sebagai Penyedia Rumah Murah

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia menilai fungsi Perum Perumnas sebagai penyedia hunian bagi masyarakat menengah ke bawah perlu dikembalikan.
Fatia Qanitat
Fatia Qanitat - Bisnis.com 24 September 2013  |  16:16 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia menilai fungsi Perum Perumnas sebagai penyedia hunian bagi masyarakat menengah ke bawah perlu dikembalikan.

Saat ini, ujar Ketua Kehormatan REI Enggartiasto Lukita, lembaga pelat merah tersebut mulai masuk pada pembangunan properti komersial.

“Peran Perumnas harus dikembalikan fungsinya. Kalau Perumnas saja tidak bisa membangun hunian sederhana, masa diserahkan kepada pengembang swasta,” ujarnya di sela-sela diskusi Membedah Regulasi Perumahan Rakyat di Jakarta, Selasa (24/9/2013).

Senada dengannya, Ketua Umum DPP REI Setyo Maharso mengatakan selain Perumnas, banyak lembaga BUMN lainnya yang bergerak di sektor properti yang turut melakukan pembangunan properti komersial.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran dan Penjualan Perumnas Dede E. Maslahat menuturkan berdasarkan ketentuan yang ada, sebagai perum, Perumnas harus mampu memupuk keuntungan untuk menghidupi kelangsungan perusahaan.

“Harga tanah untuk membangun hunian sederhana itu maksimal Rp100.000/m2. Kondisi saat ini sudah di atas itu. Kalau kita lihat, biaya produksi lebih tinggi dari harga jual,” jelasnya.

Meskipun begitu, dia menjanjikan tetap berkomitmen pada pembangunan hunian bagi masyarakat menengah ke bawah, jika pemerintah dapat mendorong Perumnas ke arah tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumn rei perum perumnas
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top