Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonomi Dunia Bergejolak, Ini Jurus Andal SBY

Bisnis.com, JAKARTA- Pemerintah Indonesia siap menghadapi dampak gejolak perekonomian global melalui penguatan ekonomi domestik dan perbaikan keseimbangan eksternal. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pemerintah telah siap dengan langkah
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 16 Agustus 2013  |  12:41 WIB

Bisnis.com, JAKARTA- Pemerintah Indonesia siap menghadapi dampak gejolak perekonomian global melalui penguatan ekonomi domestik dan perbaikan keseimbangan eksternal. 

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pemerintah telah siap dengan langkah antisipatif dan rencana respon untuk meredam dampak gejolak ekonomi dunia pada Indonesia. 

"Menghadapi situasi seperti ini, kita membutuhkan kesiapan mental dan kebijakan yang tepat," kata Presiden SBY dalam pidato kenegaraan di Gedung Parlemen, Jumat (16/8/2013). 

Kepala Negara memaparkan langkah pertama pemerintah adalah memperkuat ekonomi domestik. Penguatan tersebut dilakukan melalui kebijakan dan insentif untuk mendorong sektor-sektor usaha tertentu. 

Sektor usaha yang dimaksud adalah perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan memacu inovasi, memproduksi barang setengah jadi, dan berkomitmen meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. 

Pemerintah juga telah meningkatkan ketersediaan ruang fiskal melalui penaikan harga BBM bersubsidi. Ruang fiskal itu digunakan untuk meningkatkan alokasi anggaran untuk sektor infrastruktur, perlindungan sosial, transportasi publik, dan energi terbarukan. 

SBY menambahkan pemerintah juga berkomitmen memperbaiki keseimbangan eksternal perekonomian Indonesia. 

Defisit transaksi berjalan akan dikurangi melalui peningkatan ekspor, pengelolaan impor dan perbaikan iklim investasi. 

Selain itu, pengaruh positif belanja pemerintah akan dipacu melalui optimalisasi pencairan APBN.

"Kita optimistis kesiapan menghadapi setiap gejolak eksternal menjadi lebih baik lagi, sebagaimana keberhasilan kita melewati krisis ekonomi dunia pada tahun 2008-2009," kata Presiden. (ltc)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krisis ekonomi indeks asia indeks eropa indeks as Pidato Kenegaraan
Editor : Linda Teti Silitonga
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top