Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, SEMARANG—  PT Dharma Lautan Utama (DLU) cabang Semarang menargetkan peningkatan  jumlah penumpang pada masa Lebaran 2013 sebesar 15% dari capaian 2012 sebesar 23.000 penumpang, dengan menyiapkan tambahan trip dan kapal dibandingkan yang dioperasikan pada Lebaran tahun lalu.
 
Manajer Cabang Semarang PT Dharma Lautan Utama (DLU), Herman Fajar mengatakan pada masa Lebaran tahun ini DLU menyiapkan sebanyak tujuh kapal penumpang, meningkat dibandingkan musim 2012 yang hanya enam kapal.
 
“Kapal yang kami sediakan untuk melayani arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tahun ini sebanyak tujuh unit, atau bertambah satu unit dibandingkan 2012 hanya enam unit. Kapal tambahan itu yakni KM Dharma Kartika III yang akan melayani trip Semarang-Kumai dan Semarang-Pontianak,” tuturnya, Minggu (28/7/2013).
 
Sementara, lanjutnya sebanyak enam kapal lain masih melayani trip yang sama dengan Lebaran tahun lalu, yakni KM Dharma Kencana II dan Dharma Feri II melayani rute Semarang-Kumai dan Semarang-Pontianak seperti KM Dharma Kartika III, lalu KM Kirana I dan Kirana III (Semarang-Sampit-Surabaya), KM Satya Kencana I (Semarang-Ketapang), KM Satya Kencana II (Semarang-Ketapang dan Semarang-Pontianak).
 
“Kapal-kapal yang berkapasitas antara 450 hingga 1000 penumpang itu kami siapkan di dermaga Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mulai 12 Agustus - 31 Agustus 2013, untuk melayani arus balik. Sementara keberangkatan dari Semarang di masa sebelum Lebaran berjalan seperti biasa karena jumlahnya tidak banyak,” tuturnya.
 
Menurutnya dengan penambahan jumlah armada tersebut sebagai antisipasi peningkatan jumlah penumpang tahun ini yang diprediksikan naik hingga 15% dibandingkan capaian 2012 mencapai sebanyak 23.000 penumpang.
 
“Peningkatan 15% itu lebih baik dibandingkan capaian peningkatan tahun lalu hanya 10% dibandingkan raihan tahun sebelumnya,” ujarnya.
 
Sementara, untuk harga tiket, DLU menerapkan sistem progresif guna menghindari penumpukan penumpang di waktu tertentu.
 
“Tiket yang dipesan untuk tanggal keberangkatan mulai sebulan hingga H-15 Lebaran masih menggunakan tarif normal, meningkat 10% di H-16 hingga H-7, meningkat lagi di kisaran 15-20% pada H-6 sampai H-1 dan turun ke tarif normal di hari H hingga H+5 serta kembali naik 15-20% setelah H+5,” paparnya.
 
Dia mengatakan penjualan tiket sengaja dilakukan secara bertahap, untuk menghindari aksi borong tiket dari calo, dan sesuai dengan aturan pemerintah, pada masa angkutan lebaran tahun ini ada dispensasi sebesar 30% dari kapasitas muat kapal.
 
Manajer Usaha PT DLU Gede Mahartha menambahkan secara nasional menyiapkan total sebanyak 39 kapal yang akan melayani lintas laut jarak jauh sebanyak 15 kapal dan selebihnya melayani lintas danau.
 
“Dari 39 kapal tesebut, tiga kapal diantaranya baru, untuk melayani lintas laut jarak jauh yang di tempatkan di Semarang satu unit dan dua unit di Surabaya,” tuturnya.
 
Menurutnya, selain penambahan armada, DLU jauh hari juga sudah menyiapkan tambahan SDM, fasilitas hiburan di dermaga penumpang dan diatas kapal hingga aspek pengamanan seperti menambah empat personil keamanan dari TNI-Polri di setiap kapal, menambah life jacket, life craft serta CCTV di kapal.
 
Sementara, GM PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang, Tri Suhardi memprediksi ada peningkatan arus penumpang hingga 15% di masa Lebaran tahun ini dibandingkan realisasi Lebaran 2012 sebesar 85.130 orang.
 
Menurutnya rute-rute Semarang menuju ke sejumlah pelabuhan di Kalimantan dan sebaliknya diperkirakan masih akan mendominasi arus mudik dan balik.
 
“Peningkatan jumlah penumpang yang cukup signifikan diprediksikan akan terjadi pada trayek dominan seperti Semarang-Banjarmasin, Semarang-Kumai, Semarang-Sampit, Semarang-Pontianak dan Semarang-Ketapang,” tuturnya. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper