Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lebaran Idulfitri 2013: Mudik ke Jawa, Hindarilah Titik Rawan Banjir & Longsor ini!

Bisnis.com, JAKARTA - Tak terasa bulan suci Ramadan sudah memasuki tahap akhir, yang berarti umat Islam segera menyambut tibanya hari kemenangan, Hari Raya Idulfitri. Waktu mudik pun sudah diambang pintu.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 28 Juli 2013  |  01:32 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Tak terasa bulan suci Ramadan sudah memasuki tahap akhir, yang berarti umat Islam segera menyambut tibanya hari kemenangan, Hari Raya Idulfitri. Waktu mudik pun sudah diambang pintu.

Untuk Anda yang berencana mudik ke kampung halaman melalui perjalanan darat, sebaiknya memperhatikan beberapa titik rawan bencana banjir dan longsor demi keselamatan perjalanan.

Dilansir dari situs resmi Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, titik rawan bencana banjir pada sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura) adalah di Tegal pada ruas Brebes-Tegal, di Kota Semarang dan di Kragan pada ruas Lasem-Kragan.

Sementara di jalur Lintas Tengah, yakni pada ruas Ketanggungan-Prupuk tepatnya di Prupuk, pada ruas Magelang-Yogyakarta di Muntilan dan di Godang pada ruas Demak-Purwodadi.

Kemudian di jalur Selatan, di Karanganyar pada ruas Gombong-Karanganyar dan di Wates pada ruas Wates-Bantul.

Sedangkan untuk titik rawan bencana longsor pada sepanjang jalur Pantura, yakni di Gubug pada jalur alternatif Kota Semarang-Purwodadi.

Selanjutnya pada jalur Lintas Tengah, yakni pada ruas Pekalongan-Banjarnegara tepatnya di Kalibening dan Selokromo, pada ruas Wonosobo-Temanggung di Parakan, pada ruas Weleri-Temanggung di Weleri dan pada ruas Purwodadi-Solo di Sumberlawang.

Kemudian di jalur Selatan, di Ajibarang pada ruas Bumiayu-Ajibarang, di Waleri pada ruas Wangon-Waleri, di Banyumas pada ruas Rawalo-Banyumas, di Salaman pada ruas Purworejo-Magelang, dan di Patuk pada ruas Kota Jogja-Wonosari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir longsor jawa jalur mudik
Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top