Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JALUR PANTURA, Pemerintah Segera Tangani Tiga Jembatan

BISNIS.COM, SEMARANG—Pemerintah akan menangani tiga jembatan yang mengalami kerusakan di jalan nasional lintas pantai utara (pantura) pulau Jawa untuk mendukung lancarnya arus mudik 2013.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 02 Juli 2013  |  23:24 WIB
JALUR PANTURA, Pemerintah Segera Tangani Tiga Jembatan
Bagikan

BISNIS.COM, SEMARANG—Pemerintah akan menangani tiga jembatan yang mengalami kerusakan di jalan nasional lintas pantai utara (pantura) pulau Jawa untuk mendukung lancarnya arus mudik 2013.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V Masrianto mengatakan ada tiga jembatan yang mengalami kerusakan di jalur pantura. Untuk mengantisipasi gangguan arus mudik jelang lebaran, jelasnya, pemerintah tengah melakukan perbaikan.

“Titik-titik jembatan yang diganti ada di Pemali, Pekalongan dan Rembang,” katanya di sela-sela peninjauan Menteri Pekerjaan Uumum Djoko Kirmanto ke lokasi jalan tol Seksi Ungaran-Bawen (II) di Semarang, Selasa (2/7/2013).

Dia menjelaskan proses perbaikan jembatan di Pekalongan dan di Rembang dapat segera diselesaikan sebelum Lebaran dan dapat berfungsi secara maksimal. Sementara itu, untuk jembatan di Pemali proses perbaikannya tidak dapat diselesaikan sebelum Lebaran.

“Di Pekalongan dan di Rembang, bagian lantainya sudah bisa selesai dan kapasitas juga difungsikan maksimum. Hanya saja satu, jembatan Pemali, Brebes, harus diganti total lantainya, sehingga  tentunya jika kita kerjakan sekarang riskan terhadap Lebaran,” jelasnya.

Untuk itu, Masrianto mengungkapkan jembatan tersebut hanya akan dibenahi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sementara. “Kita akan pelihara [jembatan Pemali] hingga bisa difungsikan dengan nyaman. Nanti satu putaran baru kita bisa ganti lantai yang besi jadi beton,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri PU Djoko Kirmanto menegaskan jembatan di Pemali belum bisa dibongkar sebab proses perbaikannya dapat mengganggu arus mudik bulan depan. Jembatan tersebut, lanjutnya, akan diperbaiki secara total setelah Lebaran.

“Ini harus digarisbawahi Jembatan di Pemali belum bisa kita bongkar, karena itu akan fatal bagi lalu lintas Lebaran. Kita biarkan dulu biar dijaga saja supaya bisa dilewati dengan lancar. Nanti setelah lebaran kita bongkar dan diganti. Jadi hanya diganti setelah lebaran,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jembatan jalur pantura lebaran mudik
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top