Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JIROEMON KIMURA, Orang Tertua Sejagat Itu Telah Tiada

Jiroeman Kimura saat ulang tahun (foto: Bloomberg)BISNIS.COM, TOKYO-Setiap yang bernyawa pasti mencicipi kematian. Jiroemon Kimura, warga negara Jepang yang tercatat sebagai manusia berumur paling panjang versi Guinness World Records, meninggal dunia

Jiroeman Kimura saat ulang tahun (foto: Bloomberg)

BISNIS.COM, TOKYO-Setiap yang bernyawa pasti mencicipi kematian. Jiroemon Kimura, warga negara Jepang yang tercatat sebagai manusia berumur paling panjang versi Guinness World Records, meninggal dunia pada usia 116 tahun.

Kimura meninggal karena faktor alamiah di rumah sakit di kampung halamannya Kyotango, barat Jepang pada pukul 02.08 dini hari ini waktu Jepang, demikian laporan pemerintah lokal setempat.  Adapun tanggal pemakamannya belum diatur.

Pada 11 Mei, rumah sakit untuk pneumonia yang merawat Kimura dalam beberapa hari terakhir menyatakan kadar gula darah dan produksi urin kakek tersebut menurun.

Kimura lahir pada 19 April 1897, ketika Ratu Victoria masih memerintah Kerajaan Inggris. Kimura sempat melawan penyakit anak–anak, seperti tuberkulosis dan pneumonia, yang menjaga harapannya hidup di Jepang hingga sekitar 44 tahun.

Dia menjadi orang tertua yang tercatat dalam sejarah pada 28 Desember 2012, pada usia 115 tahun dan 253 hari. Wanita tertua di rekaman sejarah, Jeanne Calment Prancis, meninggal pada 1997 pada usia 122.

"Dia memiliki kemauan yang luar biasa kuat untuk hidup," kata Tamotsu Miyake keponakan Kimura, 80, dalam sebuah wawancara pada Desember. "Dia sangat yakin bahwa dia hidup secara baik dan dan tepat."

Kimura juga orang tertua di dunia yang masih hidup. Gelar itu sekarang pergi ke Misao Okawa dari Jepang, yang lahir pada 5 Maret 1898, menurut daftar orang tertua di dunia yang disusun oleh Genealogi Research Group berbasis di Los Angeles.

Para pemegang rekor sebelumnya untuk umur panjang pria, Christian Mortensen dari California, meninggal 1998 pada usia 115 tahun dan 252 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper