Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANGKUTAN LEBARAN: KAI Siapkan 40 Kereta Api Tambahan

BISNIS.COM, JAKARTA--PT Kereta Api Indonesia menyiapkan sebanyak 40 kereta api tambahan untuk angkutan Lebaran 2013, kata Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun Sugianto, Selasa (11/6).Ia menjelaskan  dari 40 KA tambahan lebaran tersebut, sebanyak

BISNIS.COM, JAKARTA--PT Kereta Api Indonesia menyiapkan sebanyak 40 kereta api tambahan untuk angkutan Lebaran 2013, kata Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun Sugianto, Selasa (11/6).

Ia menjelaskan  dari 40 KA tambahan lebaran tersebut, sebanyak 22 KA di antaranya merupakan kereta kelas komersial dan 18 KA lainnya adalah kereta ekonomi.

"Kereta api tambahan lebaran tersebut akan dioperasikan mulai 1 Agustus 2013. Kereta tersebut melayani jurusan Jakarta ke Solo, Surabaya, Malang, Bandung, Cirebon, Kutoarjo, Yogyakarta dan juga Bandung ke Solo dengan jumlah total tempat duduk yang tersedia mencapai 22.896 per harinya," kata Sugianto kepada wartawan.

Dengan demikian, lanjutnya, jumlah KA yang dioperasikan pada Lebaran 2013 secara total mencapai 305 KA, yang terdiri dari 265 KA reguler dan 40 KA tambahan dengan jumlah penumpang diprediksi mencapai 1.779.270 orang.

"Jumlah tersebut meningkat dari penyediaan angkutan lebaran tahun 2012 yang hanya mencapai 210 rangkaian KA, terdiri dari 178 KA reguler dan 32 KA tambahan,"  tuturnya.

Menurutnya, penambahan kereta tersebut dilakukan karena adanya permintaan jasa angkutan yang cukup tinggi pada tradisi mudik dan balik lebaran atau hari raya Idul Fitri.

Sugianto menjelaskan, lima kereta api di antara 40 KA tambahan lebaran tersebut nantinya akan melewati wilayah Daop VII Madiun. Kelima kereta tersebut adalah KA Eksekutif-Bisnis Sancaka Lebaran, KA Ekonomi Mantab Lebaran, KA Ekonomi Pasundan Lebaran, KA Eksekutif Gajayana Lebaran, dan KA Ekonomi Matarmaja Lebaran.

Tiket tambahan lebaran untuk pemberangkatan dari Madiun, pihaknya mencatat telah terjual sebanyak 30 persen dari yang disediakan. Penjualannya telah dimulai sejak 1 Juni 2013. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper