Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SUMBER DAYA AIR: DKI & Jabar Kerja Sama Kelola DAS Ciliwung

BISNIS.COM,JAKARTA—Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Pemprov Jawa Barat dalam pemanfaatan sumber daya air untuk meningkatkan kondisi dan daya dukung daerah aliran Sungai Ciliwung.
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 30 Mei 2013  |  17:05 WIB

BISNIS.COM,JAKARTA—Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Pemprov Jawa Barat dalam pemanfaatan sumber daya air untuk meningkatkan kondisi dan daya dukung daerah aliran Sungai Ciliwung.

Deklarasi kerja sama itu disaksikan oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. Isinya a.l. kerja sama pengelolaan daerah aliran sungai  (DAS) Ciliwung, pemanenan air yang meliputi reboisasi hutan, pengendalian erosi, restorasi situ, membangun sumur resapan, dan membangun tampungan air bawah tanah.

”Saya menyambut baik dijadikannya DAS Ciliwung sebagai awal kerja sama kedua pemprov. Saya berharap apa yang dilakukan di DAS Ciliwung dapat menjadi contoh bagi upaya sejenis di daerah aliran sungai atau wilayah sungai lainnya di Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (30/5/2013).

Djoko mejelaskan DAS Ciliwung merupakan wilayah sungai lintas provinsi DKI dan Jabar yang dikelola oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane. Ruang lingkup tanggung jawab BBWS tersebut menurutnya terlalu luas. Oleh karena itu, lanjutnya, dibutuhkan kerja sama antar kedua provinsi.

”Harus ada semangat kerja sama yang berkelanjutan dengan fokus kegiatan pemanenan air antara lain melalui reboisasi hutan, pengendalian erosi dari hulu sampai ke hilir guna mengembalikan kondisi dan daya dukung DAS-nya,” jelas Djoko.

Kedua provinsi tersebut juga berkomitmen untuk mengendalikan pemanfaatan ruang dan menerapkan penegakan hukum secara konsisten terhadap penyimpangan pemanfaatan ruang agar ekosistem terjaga dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta jabar sumber daya air das ciliwung
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top