Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UDANG BEKU: RI Berharap keluar dari Penyelidikan AS

JAKARTA: Indonesia berharap dikeluarkan dari penyelidikan antisubsidi udang beku oleh Amerika Serikat seiring investigasi yang dilakukan otoritas antidumping negara itu mulai 18 Januari 2013. Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan
- Bisnis.com 30 Januari 2013  |  19:32 WIB

JAKARTA: Indonesia berharap dikeluarkan dari penyelidikan antisubsidi udang beku oleh Amerika Serikat seiring investigasi yang dilakukan otoritas antidumping negara itu mulai 18 Januari 2013.
 
Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan Ernawati mengatakan  pemerintah berkoordinasi dengan instansi terkait dan beberapa perusahaan yang melakukan ekspor udang ke AS.
 
Pihaknya telah mengikuti konsultasi dengan Otoritas Anti Dumping Amerika Serikat, US Department of Commerce (US-DOC), pada 14 Januari. Sementara, perusahaaneksportir udang telah menyampaikan kuesioner terkait dengan kerugian (injury) kepada US International Trade Commission (US-ITC) pada 15 Januari.
 
Langkah selanjutnya yang akan dilakukan pemerintah dan perusahaan Indonesia adalah menyiapkan jawaban kuesioner dan menyampaikan dokumen yang diminta oleh US-DOC tepat waktu.
 
"Dengan disampaikan jawaban tersebut, diharapkan tuduhan subsidi AS ini tidak terbukti dan Indonesia dikeluarkan dari penyelidikan," katanya dalam siaran pers, Kamis (30/1).
 
US-ITC akan mengumumkan preliminary determination pada 11 Februari, tetapi jika tidak ditemukan adanya injury, maka penyelidikan dihentikan. Penyelidikan antisubsidi dijadwalkan selesai pada 29 Juli.
 
Selain Indonesia, beberapa negara yang juga diselidiki dalam tuduhan anti subsidi ini adalah China, Ekuador, India, Malaysia, Thailand dan Vietnam.  (ra)
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top