Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DEWAN ENERGI NASIONAL: Langkah Penanggulangan krisis siap dilayangkan ke SBY

JAKARTA--Dewan Energi Nasional (DEN) menyiapkan rumusan langkah penaggulangan krisis dan darurat energi untuk diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua DEN.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 29 Januari 2013  |  19:05 WIB

JAKARTA--Dewan Energi Nasional (DEN) menyiapkan rumusan langkah penaggulangan krisis dan darurat energi untuk diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua DEN.

Ketua Harian DEN Jero Wacik mengatakan pihaknya telah menyelesaikan rumusan penanggulangan krisis energi di dalam negeri, dengan menghitung kebutuhan minimal dan jumlah pasokan yang ada saat itu.

“Kami sudah menyelesaikan rumusan mengenai langkah penanggulangan krisis energi. Ini bagus karena negara seluas Indonesia dengan kebutuhan energi yang besar harus memiliki mekanisme penanggulangan krisis energi, dan ini akan segera kami serahkan kepada Presiden sebagai Ketua DEN,” katanya di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Jero mengungkapkan langkah penanggulangan tersebut sangat tergantung dengan situasi yang menyebabkan krisis energi. Langkah penanggulangan tersebut nantinya berdasarkan kebutuhan energi, jumlah cadangan yang ada saat itu, dan alternatif untuk memasok kebutuhan energi di wilayah yang mengalami krisis energi.

Jero mencontohkan banjir yang melanda Jakarta sempat memunculkan darurat energi, karena terhambatnya distribusi minyak dan padamnya listrik sebagai akibat terendamnya beberapa gardu listrik.

Hal itu membuat pemerintah menghitung berapa kebutuhan energi di Jakarta saat itu, dan berapa jumlah energi yang bisa didistribusikan, serta daerah mana saja yang bisa memasok energi ke Jakarta.

“Beruntung saat itu kebutuhan energi di Jakarta hanya 60%, karena kondisi banjir membuat masyarakat tidak beraktivitas. Sementara energi yang bisa didistribusikan 70% dari kondisi normal, sehingga saat itu masih aman,” jelasnya.

Rumusan penanggulangan krisis energi tersebut menurutnya, masih akan dibahas bersama presiden untuk kemudian disahkan menjadi langkah penanggulangan krisis energi nasional dan bisa diterapkan di seluruh wilayah di Tanah Air.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Lili Sunardi

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top