Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKONOMI MAKRO: Manfaatkan capital inflow

 
- Bisnis.com 28 Januari 2013  |  00:45 WIB

 

JAKARTA: Kesiapan proyek infrastruktur dinilai sebagai bagian kunci agar aliran modal masuk (capital inflow) dapat dimanfaatkan untuk menarik pembiayaan guna mengakselerasi pembangunan infrastruktur. 
 
Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo mengatakan likuiditas dan investor masih akan tertarik untuk masuk ke Indonesia.
 
Namun, untuk dapat memanfaatkan momentum tersebut, diperlukan persiapan proyek infrastruktur yang matang. 
 
"Likuiditas itu ada, investor ada, tetapi memang kesiapan proyek-proyek infrastruktur mesti lebih baik," ujarnya di Kemenkeu, Jumat (25/1/2013). 
 
Agus menuturkan pasar modal seringkali dimanfaatkan perusahan swasta dan BUMN untuk menarik pembiayaan. "Tetapi kadang-kadang perusahaan minjam, tetapi tidak ada proyek yang mau dikerjakan." 
 
Menurut Agus, untuk menggarap infrastruktur, pihak swasta harus masuk dalam skema Kerjasama Pemerintah-Swasta atau public private partnership (PPP). Adapun poin penting dari PPP adalah kesiapan proyek infrastruktur. 
 
"Karerna investor masuk tentu kerjasama pemerintah dan swasta (KPS). Itu sedang berjalan, tetapi jumlahnya masih harus dikembangkan," kata Agus. 
 
Sebelumnya Kepala BKPM Chatib Basri mengaku optimistis arus modal asing masih akan terinjeksi ke Tanah Air. 
 
Seiring jurang fiskal di Amerika Serikat dan krisis utang di Eropa, perekonomian di dua kawasan tersebut akan distimulasi melalui penyuntikan likuiditas di pasar keuangan. 
 
"The Fed kemungkinan akan guyur pasar dengan lagi likuiditas melalui quantitative easing, ECB juga akan meng-inject likuiditas. Berarti uang ada, tetapi tidak mungkin diinvestasikan di AS dan Eropa karena growth-nya masih kecil," tuturnya.   (ra)
 
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top