Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MORATORIUM TKI: Akan Mempengaruhi Pengiriman Hingga 2 Tahun Ke Depan

JAKARTA—Penetapan status moratorium untuk penempatan tenaga Indonesia ke 4 negara mepengaruhi jumlah pengiriman pekerja sektor formal dalam dua tahun terakhir.
- Bisnis.com 28 Januari 2013  |  14:13 WIB

JAKARTA—Penetapan status moratorium untuk penempatan tenaga Indonesia ke 4 negara mepengaruhi jumlah pengiriman pekerja sektor formal dalam dua tahun terakhir.


Menurut Menakertrans Muhaimin Iskandar, peningkatan jumlah TKI formal yang bekerja di luar negeri disebabkan beberapa alasan antara lain masih berlakunya moratorium penempatan di beberapa negara.

Sampai dengan saat ini, pemerintah masih menetapkan status moratorium (penghentian sementara) untuk penempatan TKI ke Arab Saudi, Kuwait, Suriah, dan Yordania sejak dua tahun terakhir.

“Memang ada alasan lainnya seperti pengetatan seleksi penempatan dan peningkatan kualitas, serta kompetensi kerja TKI, sehingga dapat mengisi lowongan kerja di sektor formal,” ungkapnya, Senin (28/1).

Dia menuturkan pemerintah melakukan pengetatan seleksi terhadap tki baik formal dan informal dengan mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas TKI yang bekerja di luar negeri

“Pemerintah perketat pelaksanaan persiapan keberangkatan TKI dengan baik, hanya yang benar- benar siap dan lengkap dokumennya yang diizinkan untuk bekerja ke luar negeri,” kata Muhaimin.

Apabila dokumen dan keterampilannya tidak siap, lanjutnya, maka keberangkatannya akan ditunda, sehingga meminimalisir timbulnya masalah baru saat bekerja di negara lain. (if)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top