Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INDUSTRI PENERBANGAN: 130 rute baru ditawarkan

JAKARTA—Kementerian  Perhubungan akhirnya merilis 130 rute baru penerbangan domestik yang sudah dapat diterbangi mulai tahun ini akan ditawarkan kepada maskapai nasional setelah sebelumnya mengumumkan rencana penawaran rute baru ini.
- Bisnis.com 27 Januari 2013  |  18:32 WIB

JAKARTA—Kementerian  Perhubungan akhirnya merilis 130 rute baru penerbangan domestik yang sudah dapat diterbangi mulai tahun ini akan ditawarkan kepada maskapai nasional setelah sebelumnya mengumumkan rencana penawaran rute baru ini.

Dari 130 rute tersebut, mayoritas yakni 89 rute dari kawasan timur Indonesia dan sisanya 41 rute dari kawasan barat Indonesia.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan mengatakan ke-130 rute penerbangan domestik terbaru yang akan ditawarkan kepada maskapai nasional ini memang belum pernah ada yang menerbangi.

“Jadi 130 rute ini adalah peluang pasar baru bagi maskapai nasional untuk penerbangan domestik. Silahkan bagi maskapai yang berminat untuk mengajukan ke Kemenhub,” kata Bambang kepada Bisnis, Minggu (27/1/2013).

Dia menambahkan rute-rute baru ini dapat dimanfaatkan oleh maskapai nasional yang ingin mengembangkan jaringannya khususnya di kawasan timur Indonesia (KTI) karena mayoritas rute baru ini ke timur, yakni 89 rute, sisanya dari kawasan barat Indonesia (KBI).

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti S. Gumay mengatakan penawaran rute tambahan tersebut karena pemerintah ingin membuka koneksi terhadap sejumlah daerah di Tanah Air yang selama ini belum terbuka seluruhnya.

Herry menambahkan rute-rute baru tersebut merupakan usulan dari sejumlah maskapai yang sebelumnya telah melakukan kajian tersendiri dan nantinya juga akan ditawarkan kepada maskapai penerbangan nasional.
 

Senior Manager Komunikasi Sriwijaya Air Agus Soedjono mengatakan pihaknya akan menelaah tawaran rute baru dari regulator, apalagi rute baru yang ditawarkan mayoritas ke KTI.

Presiden Direktur AirAsia Indonesia Dharmadi mengatakan pihaknya juga tengah memperluas jaringan rute domestiknya khususnya dari Makassar untuk menghubungkan ke KTI dan sejumlah daerah di Indonesia termasuk ke sejumlah negara tetangga.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Berliana Elisabeth S.

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top