Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERDAGANGAN ASIA PASIFIC: Indonesia harus berbenah dulu

JAKARTA--Komisaris KADIN Komite Indonesia Amerika Serikat John Riady  mengatakan  Indonesia perlu berbenah dulu untuk bergabung ke dalam Trans Pacific Partnership (TPP) 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Januari 2013  |  23:15 WIB

JAKARTA--Komisaris KADIN Komite Indonesia Amerika Serikat John Riady  mengatakan  Indonesia perlu berbenah dulu untuk bergabung ke dalam Trans Pacific Partnership (TPP) 

 

Dia mengakui TPP memiliki keuntungan dan semangat yang baik karena  mendorong perjanjian multilateral yang berkesinambungan dari satu negara ke negara lainnya. Multilateral trade agreement  tersebut akan  memudahkan investasi  di Indonesia.

 

Namun, dia mengatakan, Indonesia masih perlu membenahi ekonomi domestik agar lebih siap untuk bergabung dan bersaing  di TPP.

 

Sebagai sebuah perjanjian perdagangan multilateral yang memiliki standar tinggi, kata John, TPP mencakup bukan hanya perdagangan tetapi juga bidang lainnya seperti intellectual property.

 

 “Jadi Indonesia belum siap, mungkin di suatu saat kalau sudah membenahi ekonomi domestik, Indonesia akan lebih siap untuk bersaing sehingga bisa bertumbuh karena TPP,” katanya, Kamis  (24/1/2013).

 

Dia optimistis bahwa wacana kesiapan Indonesia menuju TPP hanya tinggal menunggu sedikit  waktu. Pasalnya, Indonesia didukung oleh konsumsi domestik 60% dari PDB,  tingkat pengangguran rendah, dan pembenahan di bidang industri. 

 

“Indonesia sudah mulai [pembenahan di industri dan berbagai bidang] meskipun  belum optimal; Jadi mungkin butuh sedikit lagi. Perlu kebijakan-kebijakan yang tepat agar bisa siap menuju TPP,” ujarnya.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Winda Rahmawati

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top