Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERDAGANGAN ASIA PASIFIC: Ciptakan Kemudahan berbisnis di Indonesia

JAKARTA – Kerja sama perdagangan bebas Asia Pasific atau Trans Pacific Partnership (TPP)  merupakan hal positif untuk mendorong kemudahan dalam berbisnis di Indonesia.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Januari 2013  |  22:45 WIB

JAKARTA – Kerja sama perdagangan bebas Asia Pasific atau Trans Pacific Partnership (TPP)  merupakan hal positif untuk mendorong kemudahan dalam berbisnis di Indonesia.

 

Andrew White, Managing Director The American Chamber of Commerce (Ancam) Indonesia mengatakan  kemudahan dalam berbisnis di Indonesia saat ini menjadi masalah terpenting yang harus segera dibenahi.

 

“Kemudahan berbisnis menjadi masalah utama yang dihadapi oleh banyak perusahaan di Indonesia,” ujarnya kepada Bisnis seusai acara The Outlook of U.S Overseas Business in Asia Pacific in the Obama’s Second Term, Kamis (24/1/2013).

 

Berdasarkan survei Doing Business 2012 yang dilakukan oleh International Finance Cooperation (IFC) Bank Dunia, peringkat kemudahan berbisnis di Indonesia berada di posisi 128 dari 185 negara.

 

Adapun 10 indikator dalam penilaian  ease of doing business (kemudahan berbisnis) tersebut di antaranya tahap awal memulai bisnis, urusan izin konstruksi, pendaftaran hak milik, akses mendapatkan kredit, perlindungan investor, pembayaran pajak, perdagangan lintas negara,penegakan kontrak/perjanjian, penyelesaian masalah kepailitan, dan akses mendapatkan listrik.

 

Menurutnya, TPP sebagai sebuah perjanjian multilateral dilihat dari sudut pandang bisnis dapat memberikan nilai positif dan keuntungan.

 

 

Oleh karena itu, dia  mengimbau kepada Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) agar menciptakan langkah-langkah yang tepat untuk memperbaiki iklim investasi sehingga dapat mendorong kemudahan berbisnis.

 

“Kami melihatnya [iklim investasi] sebagai hambatan yang paling utama untuk diatasi,” jelasnya.

 

Namun, lanjutnya, kesiapan Indonesia menuju TPP tergantung pada keputusan pemerintah Indonesia sendiri.

 

“Yang paling penting fokusnya adalah kemudahan dalam berbisnis seperti penyederhanaan proses peraturan, hukum, perjanjian, dan pembenahan infrastuktur,” jelasnya.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Winda Rahmawati

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top