Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Terowongan Air Ciliwung Rampung 2014

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan pembangunan terowongan air (sodetan) Ciliwung rampung pada 2014 guna mengatasi banjir di Ibu Kota.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Januari 2013  |  14:35 WIB

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan pembangunan terowongan air (sodetan) Ciliwung rampung pada 2014 guna mengatasi banjir di Ibu Kota.

Menteri PU Djoko Kirmanto mengemukakan berdasarkan hasil evaluasi banjir Ciliwung, pihak Kementerian PU akan membangun sodetan dari sungai Ciliwung menuju Banjir Kanal Timur (BKT).

BKT sendiri mampu menampung lebih banyak air lagi karena kapasitasnya sudah ditambah menjadi 60 meter kubik per detik. Adapun anggaran yang dibutuhkan untuk membangun sodetan itu diperkirakan mencapai Rp500 miliar.

“Tadi pagi saya sudah bertemu Presiden, beliau menginstruksikan agar sodetan itu selesai pada 2014,” katanya setelah membuka Rapat Pimpinan Nasional Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi), hari ini (21/1).

Dia mengemukakan proyek sodetan itu memerlukan pembebasan tanah karena akan menggunakan sistem terowongan bawah tanah. Pemerintah akan mencari teknologi terbaik sehingga pembangunan tidak mengganggu masyarakat. “Intinya, seperti gorong-gorong besar ditaruh di bawah jalan”.

Rencananya sodetan itu akan dibangun dengan lebar berdiameter 2,5 meter dan jejer 4 atau sebaliknya diameter 4 meter dan jejer 2,5 meter. (27/yus)
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola

Editor : Yusran-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top