Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RELOKASI INDUSTRI: Menarik Jika Infrastruktur Siap

JAKARTA: Kesiapan infrastruktur seperti tersedianya pelabuhan bertaraf internasional dan sarana transportasi yang memadai dinilai menjadi daya tarik utama agar pelaku industri tertarik untuk memindahkan pusat industri dari Jakarta ke daerah.Pasalnya,

JAKARTA: Kesiapan infrastruktur seperti tersedianya pelabuhan bertaraf internasional dan sarana transportasi yang memadai dinilai menjadi daya tarik utama agar pelaku industri tertarik untuk memindahkan pusat industri dari Jakarta ke daerah.

Pasalnya, menurut Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang banyak industri di daerah Jabodetabek yang berorientasi ekspor.

"Di Kawasan Berikat Nusantara misalnya 90% atau malah 100% hasil industri di sana diperuntukan untuk ekspor. Begitu juga di Pulogadung atau Karawang, semua pasti ingin ada akses ke Pelabuhan Tanjung Priok," kata Sarman.

Karena itu, Kadin Jakarta menilai harus ada kajian yang mendalam tentang kesiapan daerah dalam menyediakan infrastrukturnya.

Pilihan yang mungkin, menurut Sarman, bisa jadi bergeser ke Semarang atau Surabaya yang kini memiliki infrastruktur yang cukup serta upah yang relatif lebih murah.

"Kemungkinan pindah ke sana tentu ada. Tetapi intinya, kebanyakan investor yang menanam modal adalah asing sehingga kemudahan akses jadi pertimbangan,"
katanya.

Seperti diketahui, industri di Jabodetabek didominasi oleh pabrik garmen, elektronik, spare part, serta makanan dan minuman.

Jika kendala infrastruktur tersebut sudah bisa diatasi, bukan tidak mungkin industri kemudian bergeser ke daerah yang masih memiliki potensi tumbuh yang besar.   (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Rustam-nonaktif

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper