Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RELOKASI INDUSTRI: Menarik Jika Infrastruktur Siap

JAKARTA: Kesiapan infrastruktur seperti tersedianya pelabuhan bertaraf internasional dan sarana transportasi yang memadai dinilai menjadi daya tarik utama agar pelaku industri tertarik untuk memindahkan pusat industri dari Jakarta ke daerah.Pasalnya,
- Bisnis.com 21 Januari 2013  |  17:26 WIB

JAKARTA: Kesiapan infrastruktur seperti tersedianya pelabuhan bertaraf internasional dan sarana transportasi yang memadai dinilai menjadi daya tarik utama agar pelaku industri tertarik untuk memindahkan pusat industri dari Jakarta ke daerah.

Pasalnya, menurut Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang banyak industri di daerah Jabodetabek yang berorientasi ekspor.

"Di Kawasan Berikat Nusantara misalnya 90% atau malah 100% hasil industri di sana diperuntukan untuk ekspor. Begitu juga di Pulogadung atau Karawang, semua pasti ingin ada akses ke Pelabuhan Tanjung Priok," kata Sarman.

Karena itu, Kadin Jakarta menilai harus ada kajian yang mendalam tentang kesiapan daerah dalam menyediakan infrastrukturnya.

Pilihan yang mungkin, menurut Sarman, bisa jadi bergeser ke Semarang atau Surabaya yang kini memiliki infrastruktur yang cukup serta upah yang relatif lebih murah.

"Kemungkinan pindah ke sana tentu ada. Tetapi intinya, kebanyakan investor yang menanam modal adalah asing sehingga kemudahan akses jadi pertimbangan,"
katanya.

Seperti diketahui, industri di Jabodetabek didominasi oleh pabrik garmen, elektronik, spare part, serta makanan dan minuman.

Jika kendala infrastruktur tersebut sudah bisa diatasi, bukan tidak mungkin industri kemudian bergeser ke daerah yang masih memiliki potensi tumbuh yang besar.   (ra)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top