Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PASOK GULA: AGRI siap kirim ke UKM

JAKARTA – Pengusaha gula rafinasi dalam negeri berkomitmen memasok kebutuhan gula rafinasi bagi industri kecil dan menengah (IKM) di bidang pangan yang diperkirakan mencapai 300.000 ton pada tahun ini.
- Bisnis.com 18 Januari 2013  |  22:00 WIB

JAKARTA – Pengusaha gula rafinasi dalam negeri berkomitmen memasok kebutuhan gula rafinasi bagi industri kecil dan menengah (IKM) di bidang pangan yang diperkirakan mencapai 300.000 ton pada tahun ini.

Suryo Alam, Ketua Umum Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI), mengatakan kebutuhan gula rafinasi dari IKM pangan terus meningkat dalam tiga tahun terakhir dengan catatan konsumsi pada 2010 mencapai 240.000 ton.

“Kenaikannya sampai 40%, komitmen ini diwujudkan untuk meningkatkan kualitas produk IKM pangan agar semakin berkualitas,” katanya pada acara penandatanganan Mou antara AGRI dengan Koperasi Unit Desa (KUD) Wenang di Kementerian Perindustrian, Jumat (18/1/2013).

Dia menjelaskan kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas produk IKM pangan baik di pasar domestik maupun ekspor dan memenuhi kebutuhan gula rafinasi yang selama ini sulit didapatkan.

Menurutnya, penggunaan bahan baku gula yang berkualitas sangat penting dalam menentukan kualitas produk olahan makanan yang diproduksi IKM mulai dari warna, bentuk, daya tahan, hingga rasa.

Euis Saedah, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian, mengatakan jumlah IKM pangan saat ini mencapai 1,5 juta unit dan mendominasi jumlah keseluruhan IKM di Tanah Air yakni sebanyak 3,8 juta unit.

“Pertumbuhannya [IKM Pangan] mencapai rata-rata 16% per tahun, atau di atas rata-rata IKM secara umum sekitar 10%,” ujarnya.

Dia mengharapkan penandatangan kerja sama KUD Wenang dan AGRI dapat memicu daya saing produk IKM pangan domestik khususnya dalam menghadapi perdagangan bebas Asean pada 2015.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Maftuh Ihsan

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top