Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DUMPING KOMODITAS: RI-Jepang Sepakat Cari Jalan Keluar Bersama

JAKARTA -- Indonesia dan Jepang akan mencari jalan keluar bersama untuk menyelesaikan masalah saling tuding dumping komoditas dagang dari masing-masing negara.Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Jepang menuduh produsen kertas fotocopy Indonesia melakukan
- Bisnis.com 18 Januari 2013  |  20:57 WIB

JAKARTA -- Indonesia dan Jepang akan mencari jalan keluar bersama untuk menyelesaikan masalah saling tuding dumping komoditas dagang dari masing-masing negara.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Jepang menuduh produsen kertas fotocopy Indonesia melakukan dumping. Sebaliknya, Indonesia juga menuduh produsen baja gulung dingin (cold rolled coil/CRC) melakukan dumping.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan isu-isu perdagangan seperti saling tuduh dumping seharusnya diselesaikan kedua belah pihak.

"Tadi wamennya [Wakil Menteri Perdagangan Jepang] hadir. Saya sudah sampaikan soal ini [dumping] kalau bisa kita selesaikan," ujarnya usai mendampingi Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzou Abe di Istana Merdeka, Jumat (18/1).

Apalagi, ujarnya, Indonesia dan Jepang memiliki hubungan kemitraan perdagangan yang penting dengan Jepang.

Jepang, lanjut Gita, merupakan pasar tradisional terbesar perdagangan Indonesia dengan nilai dagang mencapai US$53 miliar pada 2011.
 
"Mereka kan mengaligasikan adanya dumping oleh produsen-produsen kertas kita. Ini tolong dilihat lagi deh, apakah benar. Apakah keluhan oleh asosiasi di Jepang ini bisa dijelaskan dan bisa diklarifikasi," katanya.

Gita berharap persoalan saling tuding dumping tersebut dapat segera mungkin diselesaikan sehingga kedua negara dapat meningkatkan volume perdagangannya.

"Memang selama ini, isu dumping ini belum sempat mengganggu perdagangan. Kita mau antisipatif. Kita mau preventif. Jangan sampailah ada kerikil-kerikil dalam hubungan kerjasama."

SBY mengakui kerap ada persoalan yang timbul dalam hubungan antar dua negara, baik itu menyangkut perdagangan, investasi, maupun energi.

"Tetapi dengan semangat tadi selalu ada solusi dan jalan keluar baik bagi Jepang dan Indonesia seraya mencari peluang baru untuk kerjasama kita," paparnya. (if)
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top