Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TARIF DASAR LISTRIK: Berdampak Pada Sektor UKM

JAKARTA – Suryo Bambang Sulisto, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin),  Indonesia mengatakan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 15% awal tahun ini akan berdampak terhadap dunia usaha, khususnya UKM.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 18 Januari 2013  |  00:14 WIB

JAKARTA – Suryo Bambang Sulisto, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin),  Indonesia mengatakan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 15% awal tahun ini akan berdampak terhadap dunia usaha, khususnya UKM.

 

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah harus mampu dalam meningkatkan efisiensi , daya saing , dan membantu  mereka menciptakan situasi melalui  kompensasi.

Dia mengatakan biaya birokrasi dan biaya-biaya yang lain seharusnya bisa diturunkan dan diberikan kompensasi.

“Biaya logistik kan  parah. Mudah-mudahan, infrastuktur bisa diperbaiki sehingga biaya logistik yang tinggi itu bisa diturunkan,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (17/1/2013).

 

Dia mengemukakan pemerintah kini tengah mengupayakan untuk mengurangi dampak dari kenaikan listrik dan kenaikan upah untuk membantu dunia usaha.

 

“Jadi kalo biaya [ TDL] naik [15%], incomenya juga harus naik. Ini yang harus kami pikirkan  tidak hanya dari satu sisi saja tetapi dari sisi pengusaha harus dipikirkan bagaimana mengurangi dampak dari kenaikan listrik dan kenaikan upah untuk membantu dunia usaha,” paparnya.

Menurutnya, pemerintah bisa melakukan langkah-langkah efisiensi. Misalnya, PLN dapat memangkas biaya listrik dengan cara mengganti bahan bakar diesel dengan batu bara atau bahan bakar yang lain.

“PLN itu kan tidak efisien, biaya listrik  memaki diesel [sehingga] semakin mahal. Jadi upaya untuk mengganti disel dengan batu bara, dengan bahan bakar yang lain, harus dipacu realisasinya,” jelasnya.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Winda Rahmawati

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top