Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUMPUT LAUT: RI Tuan Rumah Simposium Rumput Laut Sedunia

JAKARTA-Indonesia akhirnya ditunjuk sebagai tuan rumah International Seaweed Symposium (ISS) ke 21. Ketua Umum Asosiasi Rumput Laut Indonesia Safari Azis Husain menilai penunjukkan itu merupakan pengakuan dunia internasional atas potensi industri rumput

JAKARTA-Indonesia akhirnya ditunjuk sebagai tuan rumah International Seaweed Symposium (ISS) ke 21. Ketua Umum Asosiasi Rumput Laut Indonesia Safari Azis Husain menilai penunjukkan itu merupakan pengakuan dunia internasional atas potensi industri rumput laut Indonesia.

“Ini untuk pertama kalinya RI menjadi tuan rumah ISS. Kita pernah mengajukan diri menjadi penyelenggara pada 1989, tetapi ditolak karena belum memenuhi syarat untuk bisa menyelenggarakan simposium rumput laut,” ujarnya kepada Bisnis hari ini (15/1).

Safari menambahkan syarat untuk menjadi penyelanggara simposium adalah pengembangan industri dan penelitian di bidang rumput laut. Industri rumput laut Indonesia, telah membuktikan diri dengan menyalip produksi rumput laut Filipina yang merupakan salah satu produsen terbesar di dunia.

Namun penelitian rumput laut diakuinya belum banyak dilakukan oleh akademisi Indonesia. Dengan demikian, RI mengajukan alasan pengentasan kemiskinan dan pengembangan rumput laut untuk diberi kesempatan menyelenggarakan ISS.

“Tenaga kerja di sektor ini kan banyak, jadi kami ajukan alasan pengentasan kemiskinan saat mengajukan diri jadi tuan rumah ISS. Selain itu, momen penyelenggaran simposium bisa dijadikan titik tolak pengembangan rumput laut di Tanah Air”.
Indonesia,” ungkapnya.

ISS merupakan pertemuan yang dihelat rutin 3 tahun sekali oleh International Seaweed Asociation. Event yang pertama kali dihelat pada 1952 tersebut, bakal berlangsung di Bali pada 21-26 April mendatang.(yus)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Yusran-nonaktif

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper