Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CUKAI ROKOK: Dana Bagi Hasil Disarankan Untuk Promosi Kesehatan

JAKARTA-Kalangan pengamat menyarankan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau seluruhnya digunakan untuk promosi kesehatan dan pengendalian konsumsi rokok.
- Bisnis.com 15 Januari 2013  |  17:45 WIB

JAKARTA-Kalangan pengamat menyarankan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau seluruhnya digunakan untuk promosi kesehatan dan pengendalian konsumsi rokok.

Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) diatur dalam UU no. 39/2007 tentang cukai. Pasal 66A ayat 1 UU itu menyebutkan penerimaan cukai hasil tembakau sebesar 2% dibagikan ke provinsi penghasil cukai hasil tembakau.

“Sebesar 2% penerimaan seharusnya untuk promosi kesehatan dan pengendalian konsumsi rokok,” kata Hasbullah Thabrany, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat UI dalam Seminar Cukai Rokok Untuk Kesehatan, hari ini (15/1).

Menurutnya, promosi kesehatan dalam merespons dampak negatif yang diakibatkan oleh rokok membutuhkan dana yang besar.

Abdillah Ahsan, Peneliti Lembaga Demografi UI mengungkapkan selain untuk alokasi di bidang kesehatan, DBHCHT saat ini dialokasikan juga untuk peningkatan kualitas tembakau, pembinaan industri, sosialisasi ketentuan di bidang cukai dan pemberantasan barang kena cukai ilegal.

“Untungnya masih ada mengenai [alokasi untuk] kesejahteraan sosial dan pengendalian kesehatan, tidak hanya untuk industri dan petani [tembakau] saja,” ujarnya.

Dia memaparkan, dari kelima alokasi itu, alokasi untuk kesehatan mengambil porsi sekitar 50%. Namun, penggunaannya lebih kepada pembangunan infrastruktur seperti pengadaan mobil ambulans atau membangun rumah sakit daripada untuk pengendalian konsumsi rokok.

“Sedikit yang digunakan untuk mengendalikan [konsumsi] rokok,” ujarnya. (c26/yus)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Yusran-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top