Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GERAKAN KOPERASI: 55.516 Koperasi naik peringkat

JAKARTA—Selama 2012 pemerintah melaksanakan pemeringkatan terhadap 55.516 koperasi atau mencapai sekitar 78,53% dari target utama pemeringkatan yang dicanangkan mencapai sekitar 70.000 unit dari keseluruhan 192.443 koperasi.
- Bisnis.com 15 Januari 2013  |  18:04 WIB

JAKARTA—Selama 2012 pemerintah melaksanakan pemeringkatan terhadap 55.516 koperasi atau mencapai sekitar 78,53% dari target utama pemeringkatan yang dicanangkan mencapai sekitar 70.000 unit dari keseluruhan 192.443 koperasi.

Pemeringkatan terhadap koperasi dilaksanakan Kementerian Koperasi dan UKM untuk menilai kondisi dan kinerja koperasi melalui sistem pengukuran objektif dan transparan serta ditetapkan dengan kriteria tertentu.

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM, Setyo Heriyanto, mengemukakan sistem penilaian yang dilakukan sekaligus menggambarkan tingkat atau kualitas setiap koperasi. Program ini berjalan setiap tahun, namun pelaksanannya disesuaikan demean kemampuan APBN.

”Pencapaian koperasi berkualitas di atas rata-rata ditemukan pada 15 provinsi, dan provinsi lainnya masih berada di bawah peringkat kinerja koperasi di 15 provinsi yang menata kinerjanya dengan baik,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (15/1/2013).

Ke-15 Provinsi yang mampu menunjukkan kualitas kinerja koperasiinya di atas 75% sehingga mampu mendorong peningkatan jumlah koperasi berkwalitas. Ke-15 provinsi tersebut, Sumbar, Bengkulu,Lampung, Babel, Jateng, DIY, Jatim, Banten, Bali, NTB, NTT, Kalsel, Sulsel, Kalbar, Kalteng, Sultra, dan Gorontalo.

Menurut Setyo, daerah yang hanya mampu menunjukkan kinerja hingga 50% terdapat pada 9 provinsi, masing-masing Aceh, Sumut, Riau, Jambi, Sumsel, Jabar, Kalbar, Kalteng, dan Sulut. Sedangkan 9 provinsi lainnya , yakni Kepri, DKI Jakarta, Kaltim, Sulteng, Sulbar, Maluku, Malut, irian Jaya, dan Papua mempunyai kinerja 50%.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Mulia Ginting Munthe

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top