Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INSENTIF PAJAK: Investasi dan kepercayaan konsumen bakal terkerek

JAKARTA—Rencana pemberian insentif kepada industri manufaktur yang berkelanjutan atau industri hijau didukung oleh sebagian pihak karena dinilai mampu menggenjot investasi dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu perusahaan.
Muhamad Arsyad Paripurna
Muhamad Arsyad Paripurna - Bisnis.com 18 Desember 2012  |  21:14 WIB

JAKARTA—Rencana pemberian insentif kepada industri manufaktur yang berkelanjutan atau industri hijau didukung oleh sebagian pihak karena dinilai mampu menggenjot investasi dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu perusahaan.

Bambang Rudito, peneliti dari Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB), menuturkan saat ini pemerintah belum menerapkan insentif khusus bagi perusahaan yang telah menerapkan konsep industri hijau.

Menurutnya, pemerintah telah menerapkan penghargaan dan sanksi administrasi dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) yang digalakkan Kementerian Lingkungan Hidup sejak 2003.

Aspek yang dinilai dalam program tersebut, antara lain sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi yang digunakan, penurunan emisi dari kegiatan operasi pabrik, pengurangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), konservasi air, perlindungan keanekaragaman hayati, dan pemberdayaan masyarakat.

Akan tetapi, program tersebut dinilai masih kurang cukup untuk memicu penerapan industri hijau di dalam negeri.

“Manufaktur yang berkelanjutan bukan hanya semata ingin melaksanakan tanggung jawab social saja, melainkan itu harus menjadi nilai tambah bagi perusahaan karena dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan dan berbagai produk yang dihasilkannya,” ujarnya, Selasa (18/12/2012).

Dia mencontohkan pemerintah dapat memberikan insentif fiskal atau kemudahan izin saat perusahaan tersebut ingin memperpanjang izinnya.

Kementerian Perindustrian mengusulkan pemberian insentif kepada kementerian terkait dalam penerapan industri hijau, khususnya penggunaan teknologi ramah lingkungan bagi penurunan emisi gas rumah kaca serta industri yang menghasilkan produk ramah lingkungan.

Pemerintah siap menerapkan insentif pengembalian nilai investasi bagi perusahaan yang telah menerapkan industri hijau.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Herdiyan

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top